REFORMED-INJILI?

Monday, August 13, 2012

STEPHEN TONG TEREAK MAKIN KERAS TETAP SAJA SALAH

Stephen Tong dan semua anak buahnya di STTRI dan SAAT selalu tereak2 di kampus di gereja dan dimana2 bahwa iman keselamatan adalah sebuah pemberian Allah.

Tetapi ini ternyata SALAH BESAR.

Efesus 2:8 yang mereka kutip lalu tereak2 TANPA periksa teliti apa kata ayat in tentang "itu pemberian Allah."

Sepenuhnya ayat ini sbb.: "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman (kata benda FEMININ); itu (kata ganti NEUTER) bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah."

Hukum bahasa Alkitab MEWAJIBKAN bahwa kata PENUNJUK (ITU) dan YANG DITUNJUK (IMAN) HARUS SAMA GENDERNYA.

ITU adalah kata penujuk gender NEUTER, dan iman adalah kata benda FEMININ. Jadi dari dalam konstruksi ayat ini: ITU TIDAK MERUJUK PADA IMAN!

Stephen Tong dan enam biliun manusia sekaligus boleh tereak2 bahwa iman keselamatan adalah sebuah pemberian Allah--tetapi ber-triliun-pun TIDAK BISA MENGUBAH fakta dan aturan Efs 2:8 yaitu: ITU (neuter) TIDAK BOLEH N TIDAK BISA MERUJUK--TIDAK MENUNJUK PADA IMAN!

Semakin keras tereakan mereka semakin kelihatan kedunguan aliran ini!

Tuhan-pun TIDAK BISA memaksakan kata penunjuk neuter (itu) untuk menunjuk pada kata benda feminin (iman).

Silahkan tereak terussssssssssssssssssss ngelawan struktur firman Allah!

4 Comments:

Blogger Ezra Yoanes said...

This comment has been removed by the author.

10:25 AM  
Blogger Ezra Tjung said...

Dear Saudaraku yang terkasih. Pembelajaran akan Firman Tuhan adalah sangat penting dan memang kalau bisa terus belajar sampai bahasa aslinya walaupun sulit. Saya sendiri masih dalam proses pembelajaran dan sungguh hanya karena anugerah Tuhan saja kita bisa mengenal-Nya.

Mengenai kesulitan pengertian akan bagian Firman Tuhan ini, saya memiliki opini yang berbeda. Memang kata "iman" (πίστεως) yang dipakai dalam bahasa Yunani berbentuk feminine. Kata "kasih karunia" (χάριτί) pun berbentuk feminine. Setelah teresbut kata penghubung "itu" (τοῦτο) yang dipakai bersifat neuter. Hal ini sangat jelas dan tidak dapat dipungkiri, namun sangat menarik. Kata penghubung "itu" tidak merujuk kepada "iman" saja tetapi seluruh proses, yakni "karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman." Teknik seperti ini sangat sering dipakai dalam bahasa Yunani. Misalnya, Paulus memakai kata yang sama dalam Efesus 6:1 untuk merujuk kepada "taatilah orang tuamu di dalam Tuhan." Dengan demikian, kita dapat mengerti bahwa keselamatan adalah pemberian Tuhan semata dan bukan usaha kita. Lalu, karena keselamatan itu pemberian Tuhan, kita dapat melihat bahwa memang "iman" dan "kasih karunia" pun juga semata dari Tuhan. Sungguh besar anugerah Tuhan yang memberi kita yang begitu bejat dan berdosa diselamatkan. Mari kita hidup untuk Yesus Kristus, Juruselamat dan Tuhan kita semua. Amin.

"Watch your life and doctrine closely. Persevere in them, because if you do, you will save both yourself and your hearers." (1 Timothy 4:16)

10:38 AM  
Blogger CoffeBean said...

Anda benar sudah mendengar sendiri perkataan pak Tong atas ayat itu. Seinget saya pak Tong ngomongnya kata itu(netral) tidak menunjuk pada iman(feminine)tapi pada premis pertama kalimat tersebut ('karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman').

8:08 AM  
Blogger CoffeBean said...

Anda benar sudah mendengar sendiri perkataan pak Tong atas ayat itu. Seinget saya pak Tong ngomongnya kata itu(netral) tidak menunjuk pada iman(feminine)tapi pada premis pertama kalimat tersebut ('karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman').

8:09 AM  

Post a Comment

<< Home