REFORMED-INJILI?

Friday, July 13, 2012

KOTBAH STEPHEN TONG BANYAK ASAPNYA TETAPI KURANG TERANGNYA

 Salah satu kesalahan fatal reformed injili yaitu anggapan sekte ini bahwa volume suara kotbah sama dengan isi pengajaran!

Kotbah Stephen Tong memang suaranya tegas dan keras. Saya bandingkan dengan api dan asap. Api itu terang atau kebenaran! Itu yang penting. Asap itu volume suara.

Kalau disimak teliti, kotbah Tong banyak asapnya--suara lantang tetapi kurang isinya. Terangnya kurang. Meski banyak cerita ini itu dan lainnya. Banyak bragging sono sini. Tetapi isinya kurang.

Tidak pernah jelas menerangkan tentang hidup kekal dan mekanisme hidup kekal. Memang banyak tereak2nya sih!

Coba interview dan examine isinya. Coba probe dan tanya intinya. Misalnya:

Hidup kekal kita terima absolut gratis ato ada ongkos yang kita bayar? Kalo ada ongkos apakah tetap gratis?

Gratis dari grace, free gift. Kalo kita harus kasi balasan sebagai ongkos apakah masih grace and free gift?

Kalo anugerah keselamatan benar2 free-gift of grace tentu tidak perlu syarat2 tambahan (no strings attached). Apakah ada caveats? Apakah ada provisos?

Wahyu 22:17 tegaskan "Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!"

Apakah perlu ditambahi "Yes, But!?"

Perlukah sabda Yesus diklarifikasi Yakobus 2:14-26? Tidak perlu! Apakah Yohanes 3:16 tidak cukup? Sama sekali memadai! Tidak perlu ditambah dari ayat manapun. Firman Tuhan final dan absolut.

Kotbah Stephen Tong dan kroni2nya memang lantang dan keras suara. Itu cuma asap. Bekoar-koar hantam sana sini, kritik sono sini, cerita itu ini, bragging sana sini memang disukai orang. Tetapi semua itu bukan firman Allah. Itu semua cuman asap doang. Jelas2 kurang isinya.

Alhasil? Fanatik buta. Seakan volume suara lantang sama dengan isi yang tebal. Bukan sama sekali. Asap bukan terang! Banyak dongengan tipis isinya!

Volume suaranya memang tinggi tetapi isinya ternyata rendah!




0 Comments:

Post a Comment

<< Home