REFORMED-INJILI?

Saturday, July 21, 2012

AJAKAN UNTUK CALVINIS REFORMED INJILI REVIEW AND REJECT TULIP

Ayat yang paling sering di-abuse para calvinis reformed injili adalah Yoh 6:44.

Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.”

Abuse 1: “Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku” diperalat mengajar TULIP, total inability—orang berdosa tidak punya ability untuk percaya kecuali dipredestinasi untuk percaya dan diregenerasi dan diberi iman percaya dulu.

Tidak ada seorangpun yang dapat” (oudeis dunatai), bukan soal total inability. Malah sebaliknya: ability yang ada disalah gunakan.

Contoh frase persis sama, oudeis dunatai dipakai Tuhan Yesus bersabda, “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan.” (Mat 6:24 ). Bukan tidak ada ability tetapi ability yang ada disalah gunakan untuk mengabdi kepada tuan lain.

Tidak dapat datang karena sudah sembah yang lain!

Dalam Injil Yohanes hal ini diperjelas. Frase yang sama oudeis dunatai = tidak ada seorangpun yang dapat (no one is able) dipakai sbb.:

“Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.” (Joh 9:4).

Jelas maksudnya bukan soal non ability; tetapi jadwal kerja adalah pada siang hari. Saat itu malam hari bukan jam kerja. Jadi secara resmi, tidak ada seorangpun yang kerja pada malam hari.

Paulus juga memakai frase “oudeis dunatai” atau no one is able dalam 1Kor 3:11

”Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.”

Ini jelas2 soal kualifikasi bukan soal kemampuan.

Nats2 ini TIDAK bicara tentang total inability untuk diregenerasi; bukan total tanpa kemampuan untuk percaya.

Frasa ini diabuse untuk menegakkan TULIP bukan untuk mengajarkan apa yang Yesus ajarkan dalam ayat ini.

Kalau benar2 mau ikut apa kata firman secara benar maka TULIP harus dicampakkan.

Kalian harus review dan reject TULIP karena  TIDAK ada dasarnya dalam firman ALLAH!


0 Comments:

Post a Comment

<< Home