REFORMED-INJILI?

Friday, July 20, 2012

AYAT2 KUNCI YANG MENGUNCI TULIP REFORMED INJILI, Yoh 5:24-25

Menurut calvinis reformed injili: orang berdosa yang masih hidup tidak bisa/mampu percaya Yesus; tetapi sabda Yesus orang mati bisa percaya Yesus.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. 25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.” Yoh 5:124-25

TULIP menuntut kebalikan dari sabda Yesus. TULIP menuntut agar calvinis mengajar bahwa orang berdosa TIDAK BISA percaya Yesus; walaupun Yesus bersabda sebaliknya.

Para calvinis di STTRI dan SAAT membeo Stephen Tong terus berkutat melawan sabda Yesus agar harmonis dengan TULIP.

Mendengar . . . dan percaya” dua2nya kata kerja aktif. Secara linguistic gramatik kata kerja aktif menunjuk keterlibatan aktivitas kemauan.

Irresistible grace-nya TULIP menunjuk kebalikannya: no will, no ability & passivity! Tetapi hal itu TIDAK ADA ato tidak inherent dalam nats!

Point: Irresistible grace dan pasivitas TULIP tidak bisa diharmoniskan dengan struktur nats ini.

Akibatnya: para calvinis ngotot mempropagandakan meninggikan Irresistible grace TULIP dengan menolak sabda Yesus apa adanya!

Definite artikel HO, the one hearing dan (the one) believing” dalam ayat ini adalah orang yang sama. Satu definite artikel HO + 2 kata kerja, mendengar dan percaya memiliki SINGLE result yaitu “memiliki hidup kekal.”

Point: Bukan hidup kekal diberi dulu, lalu mendengar dan percayanya menyusul; sebagaimana kata para calvinis reformed injili. Itu terbalik dari apa kata nats ini.

Orang yang mendengar dan percaya itulah yang ber-“pindah dari dalam maut ke dalam hidup,” juga dalam bentuk active voice—active meaning artinya ada operasi kemauan keputusan!

Struktur kata kerja aktif keseluruhan ayat ini: dari mendengar, percaya, mendapat, pindah menunjuk pada orang yang disebut mati itu yang bertindak aktif.

Point: Disebut mati tetapi TIDAK disebut mati ability ato total inability ato lahir baru lalu percaya; Justru sebaliknya: orang mati itulah yang berkemauan dan bertindak aktif.

Point: Dari struktur ayat tidak ada Irresistible grace dan passivitas.

Kaum calvinis reformed harus menolak STRUKTUR firman sebagai pembawa MAKNA yang disabdakan Yesus untuk tetap mempropagandakan TULIP irresistible grace yang tidak ada dalam nats bahkan bertentangan dengan sabda Yesus.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home