REFORMED-INJILI?

Thursday, July 19, 2012

AYAT KUNCI CALVINIS REFORMED INJILI: Roma 5:12

Salah satu ayat kunci atau mengunci atau meng-KO calvinis reformed injili adalah Roma 5:12.

Stephen Tong dan antek2nya di STTRI sudah lebih duluan menganut TULIP baru ngebacain TULIP ke dalam seluruh Alkitab, tidak luput ayat ini.

Salah satu dogma yang absolut dari reformed injili yaitu: sebagian orang dipredestinasi masuk surga, dan sisanya dipredestinasi masuk neraka!

Referensi mutlak reformed injili BUKAN Alkitab, tetapi The Westminster Confession of Faith. Kita kutip dikit di bawah ini.

Menurut dokumen Westminter, orang2 yang tidak dipilih, yaitu orang2 yang dibenciNya yang di-reprobated, dilewati untuk dicelakain dibinasakan dalam neraka--mereka dibinasakan demi kepujian keadilanNya yang mulia (“the praise of his glorious justice” -  The Westminster Confession of Faith, III.VII)

Romans 5:12 says: “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia (ton kosmon), oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang (anthropous), karena semua orang telah berbuat dosa.”

Tetapi dari DALAM nats2 "dunia/semua orang" seperti ini TIDAK ada legitimasi dipilih pilah antara orang pilihan dan non-pilihan! Kenapa? Karena TIDAK ADA INDIKATOR inherent dalam text atau konstruksinya yang mendukung dunia/semua orang dibelah menjadi pilihan dan non-pilihan!

Dunia” berkedudukan sebagai obyek dalam kalimat ini--dunia yang dimasuki dosa. “Semua orang” juga berkedudukan sebagai obyek yang ditimpa maut. Jadi secara sintaksis: “dunia” dan “semua orang” adalah SAMA.

Untuk dibelah menjadi orang pilihan dan non-pilihan: (1) menyangkali hukum tata bahasa yang bisa disikut sana sini sesuka hati; (2) mengabsolutkan pilihan dan non-pilihan meskipun TIDAK ADA dalam ayat ini.

Frasa terakhir ayat ini berkata “semua orang telah berbuat dosa.” Di sini “semua orang” berfungsi dalam kalimat sebagai SUBYEK yang melakukan kata kerja “berbuat dosa.”

“Dunia” dan “semua orang” adalah orang2 yang sama.

Ini pula “dunia/semua orang” yang dikasihi Allah. Yang dalam Yoh 3:16 BISA diselamatkan melalui SATU syarat: percaya!

Secara sintaksis adalah mustahil untuk membelah “dunia/semua orang” menjadi orang pilihan yang dikasihi dan orang non-pilihan yang dilewati dan dicelakakan demi “the praise of his glorious justice.”

Ini ajaran celaka yang mencelakakan tetapi jelas2 bukan ajaran dari firman Allah!

Tidak ada itu ajaran celaka yang dikatakan Westminter!

Tetapi ITULAH yang diimani para calvinis reformed injili. 

Dengan sembarangan membenarkan semua berdasarkan (1) TULIP yang mahakuasa; dan (2) alasan Kedaulatan Allah diapilikasi membabi buta!

Hayaaaaaaaaaaaaaaa   bo siaulaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home