REFORMED-INJILI?

Friday, December 19, 2008

Inti Reformed Tong Jelas Sama dengan Katolik

Ajaran Stephen Tong dan kroninya Daniel Lucas Lukito jelas2 intinya sama dengan katolik. Saya katakan intinya. Bagian terpenting yaitu tentang keselamatan jelas2 sama: Allah beri anugerah keselamatan dan diteruskan dengan perbuatan baik. Jutaan buku dan biliunan kata2 yang berbeda namun intinya tetap sama.

Apakah anda teliti mendengar kotbah dan membaca buku2 Tong? Bisa saja membaca tetapi tidak nangkap karena itulah sifat aliran reformed: Tidak mengatakan dengan jelas yang dimaksud karena takut dianggap sama dengan katolik.

Pembenaran dan pengudusan adalah satu paket. Artinya sama dengan katolik dan arminianisme: tidak kudus tidak selamat. Sederhana saja. Anugerah keselamatan diberikan tetapi kalau tidak ada buah kekudusan artinya tidak selamat meskipun mengaku percaya Tuhan Yesus sebagai juruselamat. Coba tanyakan langsung aja ke Stephen Tong dan Daniel Lucas Lukito.

Saya sudah pernah nanya dan itulah penjelasan mereka.

Justification dan sanctification adalah satu paket tidak terpisah: selamat dan hidup kudus adalah satu garis lurus. Tidak kudus artinya tidak selamat.

Sama dengan katolik. Persis. Karena memang calvinisme berasal dari katolik dan sudah kembali ke katolik.

Kita di GKPB mengajar keselamatan hanya anugerah dibenarkan selamat kekal selamanya (Yh 3:16)

1 Comments:

Blogger book-investment said...

Dear Teman
setahu saya ajaran P.Tong adalah Calvinisme bukan Armenian .
Untuk mengetahui seseorang sdh bertobat atau belum adalah adanya perubahan sikap menjauhi dosa dan mulai berusaha hidup kudus (proses sanctification )
pernyataan ttg buah2 Roh spt hidup kudus; haus akan Firman; kasih ; sukacita dll adalah hasil pertobatan/ tanda2 pertobatan adalah betul sekali karena keselamatan hanya anugrah Tuhan semata dan tiada secuilpun jasa manusia dlm proses tsb(Calvinisme )

Saya tahu Anda pengikut Calvinisme ; namun belajarlah baik2 ke 2 aliran tsb ; jangan melecehkan Armenian ; Kalo saya sih lebih pro Calvinisme krn bagi saya Calvinisme lebih unggul/solid dan konsistensi dlm doktin ( Cari buku2 GRII ttg Calvinisme )
Tuhan kiranya menolong kita dengan segala kerendahan hati mempelajari FirmanNya.

10:14 PM  

Post a Comment

<< Home