REFORMED-INJILI?

Thursday, January 08, 2009

Calvinisme Reformed Injili Sebuah Hujatan

Dari ajaran Stephen Tong dan kroninya Daniel Lucas Lukito jelas2 terlihat hujatan calvinisme. Yohanes 3:16 mengajarkan bahwa Kristus mati bagi seluruh dunia--semua orang. Tetapi ajaran Tong dan Lucas sama2 menyangkali ajaran Alkitab dengan mengajarkan hujatan bahwa Kristus hanya mati bagi orang2 pilihan.

Ajaran sesat ini diangkat dari anak buah Calvin yaitu Beza. Beza itu mempopulerkan ajaran sesat tersebut. Di tanah air dipropagandakan oleh Stephen Tong dan Daniel Lucas Lukito. Ini benar2 ajaran sesat yang menghujat Allah Bapa. Ini ajaran jahat sekali. Kata pendeta kami ini sebuah hujatan yang berasal dari Setan.

Reformed injili adalah sebuah aliran yang menyebarkan hujatan tersebut.

Waspadalah terhadap ajaran ajaran palsu dari Reformed Injili.

30 Comments:

Blogger blessing14 said...

STEPHEN TONG said :
Namun hari ini saya akan menunjukkan dua prinsip. Prinsip pertama, Yohanes Pembaptis tidak pernah melakukan satu mujizat pun, namun banyak orang yang percaya melalui dia. Karena sifat lurus, jujur, berani, dan tidak mau dipengaruhi oleh dosa sehingga dia berkhotbah dengan kuasa luar biasa. Itu catatan Alkitab. Yohanes tidak pernah melakukan satu mujizat pun, tetapi yang percaya karena dia banyak sekali.

I AM said :
SAYA MENDUKUNG ANDA, PEMBUAT BLOG INI!!!
Khotbah Stephen Tong sering terdengar cerdas, tapi jika direnungkan mendalam akan terlihat banget kegoblokannya. Dia mengambil contoh tentang Yohanes tidak melakukan mujizat tapi banyak sekali pengikutnya. Apa Stephen Tong tidak pernah baca Alkitab, bahwa pada akhirnya toh murid2 Yohanes banyak yang berkurang karena mengikut YESUS yang melakukan banyak mujizat??? Bagi saya tidak menjadi masalah apakah Hamba TUHAN tsb melakukan mujizat atau tidak, namun khotbah si-Tong kosong memang nyaring bunyinya. Dia tidak percaya adanya mujizat. Semua khotbahnya dia sebenarnya hanya ingin menutupi kelemahannya dia bahwa dia tidak mempunyai karunia kesembuhan illahi. Khotbahnya keras & garang, namun BODOH. Hanya untuk menutupi kelemahannya dia. Si-Tong juga tidak percaya Bahasa roh. Kenapa? Karena dia tidak pernah menerima karunia itu. Jadi untuk menutupi kelemahan itu, dia berkoar2 bahwa bahasa roh tidak untuk semua orang. Bahkan dalam beberapa kesempatan tertentu ia berkata bahwa bahasa roh tidak ada lagi di-zaman sekarang. GOBLOK banget !!!

9:42 PM  
Blogger blessing14 said...

Oh iya, satu lagi. Doktor kehormatan DLCE-nya Stephen Tong juga bener2 menggelikan. Dipublikasikan di-koran2, kemana2. Duh....Bertahun2 saya tinggal di-Philippines. Dan University "La Madrid International Academy of Leadership" yang memberikan gelar itu pada Stephen Tong hanya sebuah sekolah "Ala Kadar" nya yang dipandang sebelah mata bahkan oleh orang2 Philippines sendiri, karena statusnya yang Tong Kosong nyaring bunyinya.

Oh iya, kebetulan saya masih tinggal di-Philippines untuk menyelesaikan Disertasi Doktoral tahap akhir saya. Saya mengambil DBA (Doctor of Business Admin) di-University of the City of Manila / Pamantasan Ng Lungsod Ng Maynila, Intramuros, Philippines. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Victor Valmorez.

Tolong sampaikan ama Stephen Tong. Nggak usah doktor2an lah. Kalo mau gelar Doktor sungguhan, sekolah sana gih....

10:41 PM  
Blogger Isaiah Chen said...

Setuju!!! Itu gelar tdk ada gengsinya, apalagi gelar Doktor HC terakhirnya dari Westminster Theological Seminary, USA. Jelas kalah gengsi sama gelar Doktor dari University of the City of Manila / Pamantasan Ng Lungsod Ng Maynila, Intramuros, Philippines. Kayaknya Westminster udah dikibulin sama si Tong sampe Dr. Peter Lillback mau-maunya ngasih tuh gelar. Sombongnya lagi bulan Maret 2009 ini si Tong mau mengadakan World Reformed Fellowship di gerejanya yg paling gede di Kemayoran (apa ada yg lebih gede?). Udah gila kali ya... Ayo kita boikot! Jangan cuma di blog aja ngeributin yg nggak-nggak.

8:22 PM  
Blogger Isaiah Chen said...

Oh by the way, don't be a pussy or a chick. Chicks love to dig scars. Show your self...

Berani nulis, berani tanggung jawab. Then... You are a man with integrity!

Good day, gentleman! Luv u all...

8:33 PM  
Blogger Isaiah Chen said...

Please comment on his :

www.wts.edu/stayinformed/view.html?id=161

8:42 PM  
Blogger blessing14 said...

Wah, Dapet Doktor lagi tuh si-Tong kosong??? Tapi kali ini agak lumayan-lah....Doktor dari Westminster Theological Seminary, USA memang jauh lebih mendingan daripada Gelar Doktor dari "La Madrid International Academy of Leadership" sebelumnya yg merupakan Univ ala kadarnya. Tapi perlu diketahui juga-lah, bahwa WTS adalah Seminary kelas-III bukan kelas I. Laen kalo yang ngasih Harvard Divinity School ato Fuller, misalnya. Ya namanya juga udah kadung basah dapet Doktor HC dari Univ yang ala kadarnya, ya tentu harus mencari peningkatan dong.

Oya, Isaiah Chen, kayaknya Anda bermaksud "Menyindir" para penentang Tong di-Blog ini. Nyindirnya halus banget...kayak perempuan aja sikap Anda. Bahkan hendak menyindir Doktor saya di-PLM/UCM. Hmmm tampaknya Anda kurang paham dengan PLM/UCM itu sendiri, sehingga ada nada merendahkan dimail Anda. Kalo Anda tahu PLM/UCM, Anda akan tahu yg sebenarnya. Anyway, saat ini DBA saya di-PLM udah selesai & sekarang sedang proses mendaftarkan diri utk mengambil Ph.D di-NTU (Nanyang Tech Univ) Singapore, salah satu dari 25 Univ terbaik di-DUNIA. Anda sendiri "Doktor" dari mana?

Oya, tampaknya Anda juga "Kurang Update" mengenai Gerejanya si-Tong di-Kemayoran (anyway, itu tanahnya masih sewa ama pemerintah). Anda bilang, apakah ada lagi yg lebih Gede??? Tampaknya Anda bangga sekali ama si-Tong. Biyuh2...Anda ini bener2 "Kuper". Lha, Gereja Bethany-nya si-Alex Tanuseputra (yg lagi jadi rebutan ama anak & mantunya Alex, si-Yusak & Aswin) apa kurang Gede??? Lha Gereja GBI-nya Ir. Niko Nyotorahardjo di-Sentul tuh 5 kali lipatnya Gereja si-Tong di-Kemayoran. Oya, Apa udah pernah denger pembangunan Plaza Bethel? itu aja udah 3X Gedenya Gereja Kemayoran si-Tong.

World Reformed Conference aja kok bangga, Chen, Chen...emang loe kira ada berapa Gereja Reformed dibandingin ama Evangelical & Pentecostal???

Ps. Kong Hee, Singapore barusan ngadain COnference yg jauh lebih besar juga. Tahun 2007 lalu, di-Graha Bethany ada WORLD PENTECOSTAL CONFERENCE Itu juga jauuuuuhhhh lebih Gede dari World Reformed Conference-nya si-Tong. Duh..duh...Chen...tolong agak rajin baca koran, ato internet, deh...

Jadi, Chen...kalo mau nyelekit, datanya harus Valid. Kalo mau nyindir, harus pake mikir!!!....so sekarang Anda bisa mikir sendiri, siapa yg "STRAIGHT" langsung ngomong jujur apa adanya & siapa yg nyindir2 secara pengecut kayak "CHICK or PUSSY"???

4:07 AM  
Blogger SoliDeoGloria said...

Hmm, saya siy cuma ingin berpendapat sedikit saja. Saya melihat bahwa blessing14 dan penulis blog ini begitu membanggakan dirinya dan sangat arogan dengan berbagai gelar yang dimilikinya. Jika dia melihat bahwa sosok Stephen Tong itu sebagai orang yang narsis, arogan, dan lain2nya yang jelek-jelek itu, ada baiknya juga anda mulai berkaca apakah anda yang mengkritik orang seperti itu juga sudah menunjukkan teladan kekristenan yang baik. Apakah dengan semua sikap dan perkataan AROGAN anda ini kekristenan dibangun selama ini?
Bukan orang yang sombong dan merasa pintar koq yang Tuhan cari sebagai murid-murid-Nya dulu. Ingat itu!!!

Anda juga tidak berhak menghakimi suatu denominasi sebagai aliran Iblis atau anak angkatnya. Anda benar-benar sudah kelewat batas dalam berbicara. Orang Muslim atau agama lain yang membaca blog ini tidak akan mengkritik Pdt. Stephen Tong, saya yakin itu. Mereka justru akan mengkritik anda yang terlalu arogan dan benar-benar membuat kekristenan rusak di mata mereka karena KASIH yang diajarkan Kristus, Juru Selamat kita ( saya, anda, dan juga Stephen Tong yang anda cemooh itu terus) tidak anda tunjukkan dalam sikap dan tulisan-tulisan anda ini.

GBU all!!!

7:47 AM  
Blogger blessing14 said...

HI, SHALOM!!!
SALAM UNTUK PARA FANS BERAT YANG "CINTA BUTA" AMA STEPHEN TONG.
KHUSUSNYA SDR. SOLI DEO GLORIA.

Menanggapi Posting Anda:

1) Yang pertama: saya bukannya membela sdr.Gereja. Saya nggak pernah tau dia itu siapa. Dan dia nggak pernah menonjol2kan gelarnya. Sayalah yang menunjukkan Gelar Doktoral saya. Bukan dia. Jadi Anda keliru menuduh.

2) Kedua, jika saya memang "NIAT" menunjukkan arogansi melalui Gelar saya, coba Anda pikir, untuk apa saya tetap menyembunyikan identitas saya??? Bukankah kenikmatan sebuah kesombongan adalah saat identitas kita diketahui??? Sombongan mana ama si-Tong kosong, yang mengumumkan gelarnya dimana2??? Di-koran, internet, dsb. Saya tahu sendiri hal itu karena salah satu staffnya minta tolong sama saya utk mempublikasikannya karena disuruh pak Tong. Duh, Narsis abis si-Tong !!!

3) Ketiga: Saya sengaja menunjukkan gelar doktoral saya karena hendak memberi pemahaman pada Anda semua para Fans buta si-Tong bahwa si-Tong ama saya setara dari segi Doktoral, Doktoralnya sama2 udah 2x. Toh saya nggak perlu menggembar-gemborkan hal itu seperti yg dilakukan si-Tong.

4) Ke-empat: Saya hendak mengantisipasi comments dari para "Fans Berat" si-Tong yang suka menyudutkan para penentang Tong dengan mengatakan bahwa Tong Pendeta Besar, bergelar Doktor, dsb lalu bilang "Siapa Loe? kok berani2nya menuduh Hamba TUHAN & DOktor yang Diurapi? Loe aja sekolah cuman S-1 berani2nya ngeritik seorang Doktor???". Karena itu, Saya ingin memastikan bahwa Saya layak secara akademis utk mengkritik si-Tong Kosong sesuai kapasitas saya yang sama2 memegang 2 (dua) gelar Doctor. Bedanya adalah si-Tong dua2nya Doktor HC, sedangkan dua gelar Doktor saya adalah D.Th (Doctor of Theology) dan DBA (Doctor of Business Administration). Dan saat ini saya sedang menempuh Doktoral saya yang ke-3 di-Nanyang, Singapore.


5) Ke-Lima: Mengapa sepertinya Kritik2 saya bernada Arogan??? Itulah yang seharusnya menjadi pertanyaan besar bagi kita semua. Saya memang sengaja menyampaikan kritik saya dengan Gaya Arogan dengan tujuan MENYADARKAN Anda semua!!! Jika Anda bener2 "Fans Berat" si-Tong. Seharusnya Anda SADAR !!! bahwa dalam Kotbah2nya si-Tong juga mempunyai Kesombongan/Arogansi yang setara bahkan lebih parah dari saya. Kenapa Anda diam saja & malah kagum dengan gayanya???

6) Ke-enam : Anda mengatakan bahwa saya tidak berhak menghakimi sebuah Denominasi??? ANDA KELIRU BESAR!!! Perhatikan baik2 bahwa saya tidak pernah menghakimi bahkan saya 100% tidak pernah menyebut nama GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia) apalagi Organisasi/Sinode-nya. Berarti saya tidak pernah menyentuh Denominasi mereka atau institusinya. Saya hanya mengkritisi (bukan menghakimi) STEPHEN TONG PRIBADI dan AJARANNYA. Bukan Denominasinya.

7) Ke-Tujuh : Jika Anda berpikir bahwa saya terlalu keras mengkritisi si-Tong kosong??? Bagaimana dengan Kotbah2 si-Tong yang selalu menyebut nama2 Gereja tertentu (Bethany, GPDI, GKPB, dsb) nama2 Pendeta2 tertentu (Pdt. Alex Tanusaputra, Pdt.Niko Nyotorahardjo, dsb), bahkan menyebut SEMUA Aliran Pentakosta & Kharismatik sebagai Aliran yang kekanak2an bahkan Aliran yang Sesat??? Ingat itu!!! Stephen Tong menyebut semua nama itu dengan Blak2an & terang2an melalui kotbah2nya!!! Itukah Kasih??? Lebih parah mana dengan Kritik2 saya disini terhadap dia???

8) Ke-Delapan: Sekarang Pikir baik2 wahai Saudara SOLI DEO GLORIA & para pemuja Berhala Dewa Tong, Jika Stephen Tong boleh melakukan semua itu tanpa Anda kritik bahkan malah Anda bela, lalu kenapa saat saya melakukannya, Anda sebal, marah2 & menentang saya??? Pikir baik2!!! Bukankah sikap Anda semua itu adalah pembelaan membabi-buta tanpa dasar terhadap si-Tong Kosong??? Bukankah sikap Anda itu adalah KULTUS INDIVIDU terhadap si-Tong??? Tidak berhak-kah saya mengkritisi sikap Anda semua dengan menyatakan bahwa Anda semua Idol Worshipper, bahwa Anda Pemuja Berhala, yaitu memuja Dewa Tong???

9) Ke-Sembilan: ALLAH sendiri punya 2 (dua) Sifat mendasar. Yaitu: Adil & Kasih. Apakah Anda yakin bahwa Sikap si-tong kosong yang arogan, sok pinter, merasa paling bener & nembak sana-sini itu harus disikapi dengan KASIH??? Menurut saya tidak!!! Kita harus Fair dong...bahwa Semua sikap si-Tong itu HARUS DISIKAPI DENGAN "ADIL" bukan dengan Kasih!!! Adil itu artinya: Siapa yang Ngawur ya harus ditegur!!! Kalo Stephen Tong ngawur, ya pasti saya tegur!!! Kalo dia boleh mengkritik Pdt.lain, lalu kenapa saya nggak boleh mengkritik dia??? Itukah Keadilan???

10) Ke-Sepuluh: Anda bertanya tentang sikap Kasih??? Tahukah Anda bahwa Kasih & Pengampunan TUHAN itu berfungsi saat seseorang "SADAR" akan kesalahannya & mau "BERTOBAT" dari dosa2nya. Jika tidak mau BERTOBAT, masak TUHAN cuman diem aja. Ya sudah, diampuni aja, masuk sorga semua. Gitu??? Nggak kan??? Jadi, selama si-Tong kosong masih suka berkoar2 kayak gitu, saya akan tetap bersikap ADIL dengan terus mengkritisi dia sebagaimana dia seenaknya sendiri mengkritik orang lain. Tapi jika si-Tong kosong mau bertobat, tentu saya harus menerapkan prinsip KASIH, dengan mengampuninya, bahkan mendukung & membelanya. Itu yang namanya Sportif & Gentleman.

11) Ke-Sebelas: Soal org Muslim mau baca kritik saya & kemudian menjelek2kan Kristen, ya biarin. Saya yakin jika pembaca Muslim yang cerdas justru akan maklum & kagum dengan Kejujuran orang2 Kristen dalam mengkritisi Pendeta2 ngawur. Daripada MUNAFIK seperti yang Anda lakukan. Selain itu, toh Tanpa membaca tulisan2 sayapun mereka dalam berbagai situs & kesempatan sudah menjelek2kan Kristen, bukan?? So, ngapain pusing???

9:56 AM  
Blogger SoliDeoGloria said...

Salam damai di dalam Kristus, Juruselamat kita!!! Saya hanya ingin memberikan beberapa tanggapan atas jawaban dari saudar "blessing14".

1. Hmm, dari semua yang anda katakan anda sepertinya selalu membandingkan diri anda dengan Stephen Tong yang anda jelek2an itu terus. Kata2 seperti "Sombongan mana...", "...kesombongan/kearoganan yang lebih parah dari SAYA...", jelas2 menunjukkan pengakuan anda akan adanya atribut2 atau elemen2 itu pada diri/setidaknya pada perkataan saudara blessing14 kan? Jika anda menganggap Stephen Tong punya sikap yang buruk, entah mengapa sangat disayangkan anda juga punya perangai yang sama dengan sosok yang anda jelek2kan. Meskipun dengan berargumen seolah2 tingkat hal2 tersebut seperti masih kalah level dengan Stephen Tong, tidak berarti anda lebih baik dari dia bukan?

2. Anda bilang menyetujui perkataan blogger ini (yang setahu saya menyerang suatu denominasi), bukankah anda secara tidak langsung menyetujuinya? Jika tidak, mengapa anda juga tidak mengkritik blogger ini karena menyerang suatu denominasi, terlepas dari siapa yang memimpinnya kan? Seorang akademis haruslah objektif bukan?

3. Saya tidak mengatakan bahwa blogger sombong akan gelarnya, yang saya maksudkan adalah anda terlalu menonjolkan gelar anda. Sehubungan dengan itu dan masalah kesombongan yang anda soroti, saya merasa anda sepertinya benar2 memahami bagaimana nikmatnya menjadi orang sombong? Menurut saya tidak perlu seseorang menunjukkan identitas lengkapnya untuk menjadi sombong, dari perkataannya saja kita sudah bisa mengetahuinya. Selain itu, anda sepertinya memiliki pola pikir tersendiri bahwa jika anda hanya S1 dan berkomentar maka akan dilecehkan karena gelar/tingkat akademis anda? Dari mana anda memiliki pola pikir negatif seperti itu sebenarnya? Atau mungkin itu yang selalu ada dipikiran anda saat berbicara atau mendapat saran/kritik dari seseorang yang tingkat pendidikannya lebih rendah? Anda seolah-olah membuka topeng anda sendiri. Kembali lagi, Tuhan tidak melihat seberapa tinggi tingkat pendidikan, tetapi hati, motivasi, dan iman.

4. Menurut saya ADIL dan KASIH itu tidak bisa dipisah-pisahkan seperti itu di dalam kekristenan, justru itu tantangan menjadi orang Kristen bisa ADIL sekaligus penuh KASIH. Penuh KASIH sekaligus ADIL. Bukan ADIL dahulu baru KASIH, atau sebaliknya.

5. Sangat disayangkan sepertinya semua orang yang ingin memberi masukan atau kritik kepada anda, anda anggap sebagai PENCINTA, PENGIKUT,FANS, atau bahkan yang paling parah PENYEMBAH BERHALA (Stephen Tong) ataupun IDOL WORSHIPPER. Dengan berbicara sembarangan dan menuduh saja itu sudah melanggar 10 perintah Allah bukan? Apakah anda yakin bahwa saya atau semua orang yang mengkritisi anda memang orang yang anda tuduhkan itu? Bagaimana jika saya dan orang2 lain adalah orang2 gereja lain yang melihat bahwa anda tidak menunjukkan kekristenan dalam perkataan anda sehingga sebagai saudara seiman perlu kita ingatkan, terlepas dari benar atau tidaknya Stephen Tong? Selain itu, apakah ada dalam tulisan saya yang mengatakan betapa hebatnya atau benarnya atau apapun yang menunjukkan pembelaan terhadap Stephen Tong? Sepertinya anda tidak akan dapat melihat itu karena anda tidak mengintrospeksi diri anda terlebih dahulu sebelum mengkritisi orang lain. Satu lagi, anda pasti tahu arti Soli Deo Gloria bukan? Seharusnya dari situ anda tahu kepada siapa saya menyembah kan?

6. Apakah anda tahu bahwa sebagai orang Kristen kita perlu menjadi garam dan terang dunia (Saya sangat yakin anda tahu apalagi anda sudah Double Doctorate dan sudah mau S3)? Bagaimana anda bisa berkata, jika saudara2 kita yang Muslim membaca tulisan anda dan menjelek2kan Kristen gara2 itu, "biarin aja"? Jika memang begitu, berarti anda tidak memberikan kesaksian yang baik kepada dunia kan? Sikap seperti inilah yang menyebabkan Mahatma Gandhi tidak menjadi Kristen terlepas dia sangat mengagumi ajaran Kristen. Anda di topik lain menyoroti apakah ada jemaat dari Stephen Tong dari Muslim atau agama lain? Saya yakin ada, tetapi jika dengan sikap anda seperti ini justru itu yang perlu dipertanyakan. Apakah dengan sikap, perkataan, dan kearoganan anda, akan ada saudara dari agama lain yang kagum dengan Kekristenan atau menganggap kekristenan Tong KOSONG??

7. Yang terakhir, dan menurut saya paling PENTING. Anda berkoar-koar di blog ini, pertanyaan saya: Apakah sosok yang anda "kritisi" itu tahu? Atau ini hanya untuk memuaskan ego anda untuk membalas dendam karena menurut anda Stephen Tong sudah menjelek2kan Gereja anda? Apa yang anda maksud dengan kalimat "...saya akan tetap bersikap ADIL dengan terus mengkritisi dia ..."? Saya melihat dan saya yakin, semua yang tidak sependapat dengan anda, melihat bahwa di sini anda tidak mengkrtisi seseorang tetapi menjelek-jelekkannya. Anda mengumbar emosi dan kata-kata arogan anda di sini. Apakah "menusuk orang dari belakang" bisa dikategorikan "Sportif dan Gentleman"?
Jika anda memang kenal dengan staffs dari Stephen Tong seperti yang anda ceritakan dan di sisi lain sepertinya anda sangat paham dengan ajaran Stephen Tong serta setahu saya setiap gereja terbuka kan untuk jemaat yang mau datang; mengapa anda TIDAK SECARA LANGSUNG MENYAMPAIKAN SEMUA PESAN DAN KESAN ATAUPUN KRITIK SERTA PEMBELAAN ANDA KEPADA STEPHEN TONG SECARA LANGSUNG???? Saya yakin dia akan memberikan jawaban yang mungkin TIDAK AKAN anda dapatkan dari kami-kami di sini ataupun BLOGGER??
Saya yakin dia punya WAKTU atau KEBERANIAN untuk mempertanggung jawabkan ajarannya. Sesudah itu anda BARU BISA MULAI MENULIS DI SINI DAN SHARE APA YANG ANDA DAPATKAN DARI DISKUSI ITU.

Jesus loves you all!!!

8:43 AM  
Blogger blessing14 said...

Tanggapan utk Sdr. Soli Deo Gloria

1. Hmm, dari semua yang anda katakan anda sepertinya selalu membandingkan diri anda dengan Stephen Tong


BISA JADI ANDA BENAR, BISA JADI ANDA SALAH. TAPI MUNGKIN ITU SUATU KEHARUSAN. KARENA SI-TONG & JUGA PARA FANS-NYA SELALU MERENDAHKAN ORANG2 YANG MENGKRITIK SI-TONG, KHUSUSNYA DARI SEGI AKADEMIS & FILSAFAT. MAKA DENGAN INI SAYA "MENUMBALKAN" DIRI SAYA. DARI SEGI AKADEMIS, SAYA SIAP MENG-COUNTER SEMUA KESALAHAN YANG DIBUAT SI-TONG DALAM AJARAN2NYA. SEDANGKAN DARI SEGI FILSAFAT, TERUS TERANG SAYA HARUS MEMINTA MASUKAN DARI PAPA SAYA YANG DOSEN FILSAFAT DI-BEBERAPA PERGURUAN TINGGI DI-BEIJING & HANG ZHOU. BELIAU SANGAT PRIHATIN SEKALI DENGAN KENGAWURAN SI-TONG DARI SEGI FILSAFAT.

JIKA ANDA MENILAI BAHWA SAYA MEMBANDINGKAN DIRI DENGAN SI-TONG,
BUKANKAH HAL ITU WAJAR? KARENA CONTEXT DALAM CASES & COMMENTS INI URUSANNYA ANTARA DENGAN BEBERAPA PIHAK SAJA, ANTARA LAIN, STEPHEN TONG & SAYA. ATAU BISA JUGA DITAMBAHKAN, ANTARA PENULIS BLOG DENGAN PARA FANS SI-TONG. JADI, WAJAR DONG JIKA SAYA MEMBANDINGKANNYA DENGAN SI-TONG? KARENA TOH, SAMPAI SAAT INI YANG BERANI JUJUR AKAN KENGAWURAN SI-TONG JUGA TIDAK BANYAK YANG BERANI. LHA EMANG SAYA MAU MEMBANDINGKAN AMA SIAPA??? AMA BENNY HINN??? AMA ALEX TANUSEPUTRA??? APA NATHAN SETIABUDI??? YA NGGAK PAS DONG...KAN MEREKA2 TIDAK BERADA DALAM CONTEXT PEMBICARAAN KITA SAAT INI???


SUDAH 3 TAHUN SAYA MENGAMATI BLOG INI TANPA REAKSI APAPUN. SUDAH 3 TAHUN PULA SAYA MENASEHATI SI-TONG DENGAN PENUH KASIH, DENGAN HALUS, DENGAN LEMBUT, TAPI GAGAL. KEMUDIAN, SAYA MENAIKKAN INTENSITAS BUKAN LAGI DENGAN NASEHAT, MELAINKAN DENGAN TEGURAN. TETAP GAGAL. AKHIRNYA SAYA SAYA MENAIKKAN LAGI INTENSITASNYA DENGAN KRITIK STANDARD. TETAP GAGAL. KEMUDIAN AKHIRNYA DENGAN KRITIK PEDAS. TETAP GAGAL. MAU TIDAK MAU, SEPERTI ALKITAB KATAKAN BAHWA KITA HARUS SALING MENASEHATI SESAMA SAUDARA, DAN JIKA TIDAK MAU DINASEHATI MAKA HARUS DITEGUR DIHADAPAN KELOMPOK KECIL/PENATUA MISALNYA, NAMUN JIKA TIDAK BISA JUGA MAKA HARUS DI-TEGUR KERAS DIHADAPAN JEMAAT.



2. Anda bilang menyetujui perkataan blogger ini (yang setahu saya menyerang suatu denominasi), bukankah anda secara tidak langsung menyetujuinya?


ANDA INI ANEH. ANDA TAMPAKNYA BERUSAHA MENARIK SUATU COMMENTS (DALAM HAL INI COMMENT BAHWA SAYA MENYETUJUI PENULIS BLOG INI) KEPADA PANDANGAN SECARA GENERAL. ANDA HARUS PERHATIKAN BAHWA COMMENT SAYA MENYETUJUI PENULIS BLOG INI BERKAITAN DENGAN SATU ARTIKEL YANG DIA TULIS. INGAT!!! HANYA PADA SATU ARTIKEL ITU SAJA SAYA MENYATAKAN PERSETUJUAN!!! DAN PADA KHUSUSNYA ARTIKEL TSB PENULIS BLOG INI SAAT ITU TIDAK MENYERANG SUATU DENOMINASI. PADA ARTIKEL YANG LAIN, SAYA BELUM MENYATAKAN PERSETUJUAN ATAU PENOLAKAN!!! LALU KENAPA ANDA BERUSAHA MENARIK SATU PERSETUJUAN SAYA PADA ARTIKEL TSB MENUJU OPINI PUBLIK DAN MEMBUATNYA SEOLAH2 SAYA MENYETUJUI SEMUA ARTIKEL2NYA???
JANGAN MANCING2-LAH....



Jika tidak, mengapa anda juga tidak mengkritik blogger ini karena menyerang suatu denominasi, terlepas dari siapa yang memimpinnya kan? Seorang akademis haruslah objektif bukan?

MENURUT SAYA, PENULIS BLOG INI TIDAK MENYERANG DENOMINASI MANAPUN. YANG DI-KRITIKNYA ADALAH STEPHEN TONG, DANIEL LUKITO & AJARAN2 CALVINNYA. JIKA KADANG DISEBUTKAN NAMA REFORMED INJILI, ITU BUKAN BERARTI PENULIS BLOG INI MENYERANG SEBUAH DENOMINASI. KARENA KATA REFORMED INJILI BERKAITAN DENGAN AJARANNYA, BUKAN INSTITUSINYA. LAIN JIKA PENULIS BLOG INI MENULISKAN KATA "SINODE" GEREJA2 REFORMED INJILI INDONESIA. NAH ITU BERARTI DIA SUDAH MENYERANG SUATU DENOMINASI!!! TAPI PENULIS BLOG INI KAN NGGAK BEGITU? JADI SAYA MENILAI, SAMPAI SAAT INI DIA MASIH BERSIH DARI PENYERANGAN SUATU DENOMINASI.



3. Saya tidak mengatakan bahwa blogger sombong akan gelarnya, yang saya maksudkan adalah anda terlalu menonjolkan gelar anda. Sehubungan dengan itu dan masalah kesombongan yang anda soroti, saya merasa anda sepertinya benar2 memahami bagaimana nikmatnya menjadi orang sombong? Menurut saya tidak perlu seseorang menunjukkan identitas lengkapnya untuk menjadi sombong, dari perkataannya saja kita sudah bisa mengetahuinya. Selain itu, anda sepertinya memiliki pola pikir tersendiri bahwa jika anda hanya S1 dan berkomentar maka akan dilecehkan karena gelar/tingkat akademis anda? Dari mana anda memiliki pola pikir negatif seperti itu sebenarnya? Atau mungkin itu yang selalu ada dipikiran anda saat berbicara atau mendapat saran/kritik dari seseorang yang tingkat pendidikannya lebih rendah? Anda seolah-olah membuka topeng anda sendiri. Kembali lagi, Tuhan tidak melihat seberapa tinggi tingkat pendidikan, tetapi hati, motivasi, dan iman.


ANDA TAU NGGAK APA ARTI SOMBONG???
ORANG SOMBONG ITU, NGGAK BISA TAPI NGOMONG BISA. NGGAK MAMPU TAPI NGOMONG MAMPU. TAPI JIKA DIA BISA & DIA MAMPU, SALAHNYA DIMANA JIKA DIA MENUNJUKKAN KEMAMPUANNYA??? APAKAH ITU KESOMBONGAN??? MENURUT SAYA TIDAK.

SELAIN ITU, SESEORANG AKAN DINILAI SOMBONG, JIKA LAWAN BICARANYA MERASA TAK SEPADAN. SAAT SESEORANG MERASA KALAH POSISI SECARA GELAR AKADEMIS DAN APALAGI KEMUDIAN JUGA MERASA DIBAWAH ANGIN SAAT DEBAT. MAKA BIASANYA DIA AKAN MULAI MEMBUAT PERTAHANAN DIRI DENGAN MENYERANG EGO LAWAN BICARANYA (TAMPAKNYA SEPERTI YG SEDANG ANDA LAKUKAN). DENGAN MENYYERANG ORANG LAIN SBG SOMBONG, DSB. UNTUK MEMBUAT LAWANNYA MENURUNKAN STANDARD DEBATNYA DAN DENGAN DEMIKIAN DIA BISA LEBIH MUDAH MELAWANNYA. ITU YANG SEDANG ANDA LAKUKAN. ITU NAMANYA MANIPULASI. DI-ALAM BAWAH SADAR ANDA, ANDA SEDANG BERUSAHA MEMANIPULASI SAYA AGAR MENURUNKAN STANDARD SAYA, AGAR SAYA MENYETUJUI ATAU PALING TIDAK BERKOMPROMI DENGAN PENDAPAT ANDA. MAAF, TAMPAKNYA ANDA GAGAL.

SAYA HANYA MENCOBA BERSIKAP JUJUR & APA ADANYA. DOKTOR SAYA 2 (DUA) YA SAYA BILANG AJA DUA. MASAK NGOMONG KALO DOKTOR SAYA DUA GITU AJA DIBILANG SOMBONG??? KALO DOKTOR SAYA DUA, LALU SAYA BILANG 1 (SATU) APAKAH ITU TANDA BAHWA SAYA RENDAH HATI??? AH BELUM TENTU, BISA AJA SAYA MUNAFIK.



4. Menurut saya ADIL dan KASIH itu tidak bisa dipisah-pisahkan seperti itu di dalam kekristenan, justru itu tantangan menjadi orang Kristen bisa ADIL sekaligus penuh KASIH. Penuh KASIH sekaligus ADIL. Bukan ADIL dahulu baru KASIH, atau sebaliknya.

LHO, BUKANKAH SAYA TIDAK MEMISAHKANNYA??? KASIH & ADIL ITU SATU PAKET, NAMUN TIDAK CAMPUR ADUK. SAYA KAN UDAH JELAS2AN NGOMONG : JIKA SI-TONG NGAWUR, MAKA KITA HARUS ADIL. SALAH YA DIBILANG SALAH. TAPI KALO DIA BERTOBAT DARI KESALAHANNYA, MAKA KITA HARUS BERSIKAP KASIH. MENGAMPUNI, MENDUKUNG BAHKAN MEMBELANYA.

TAPI, LIHATLAH DIRI ANDA SENDIRI. ANDA MEMBELA SI-TONG MATI2AN. SEOLAH2 DIA TANPA SALAH. SEOLAH2
DIA ITU DEWA FILSAFAT. SAAT SI-TONG DIKRITIK, SI-TONG AJA CUEK, LALU KENAPA ANDA YG TERSINGGUNG???
JIKA ANDA MEMBELA SI-TONG, DENGAN SEGALA ARGUMEN ANDA & MENUTUP MATA TERHADAP SEMUA KESALAHANNYA??? ITUKAH KASIH??? SUDAHKAH ANDA BERSIKAP KASIH??? "SILAHKAN PAK TONG, MESKI DI-DEPAN ADA COMBERAN, SAYA AKAN TETAP MENDUKUNG ANDA!!! MAJU TERUS PAK TONG!!! JANGAN PEDULIKAN ORANG2 YG MELARANG ANDA BERJALAN MENUJU COMBERAN ITU!!! MAJU TERUS PAK TONG, SAYA SIAP MEMBELAMU & MENDUKUNGMU!!!" YA SI-TONG-NYA MALAH KECEMPLUNG GOT....

JUSTRU KARENA SAYA MENGASIHI SI-TONG SEBAGAI SESAMA HAMBA TUHAN, MAKA SAYA MEMPOSISIKAN DIRI SEBAGAI ORANG YANG MENG-COUNTER DIA. SEORANG BAPAK AJA KALO ANAKNYA NAKAL YA DIJEWER KOK. KALO ADA TEMAN YG MAU BUNUH DIRI NYEMPLUNG JURANG, YA SAYA KASIH TAU. KALO NGGAK BISA DIKASIH TAU YA DITEGUR. KALO GAK BISA DITEGUR YA DIBENTAK. KALO GAK BISA DIBENTAK, YA SAYA KAPLOK. LEBIH BAIK SAYA KAPLOK, DARIPADA DIA MATI KECEMPLUNG JURANG. SOAL ORANG LALU MENYALAHKAN SAYA KARENA NGAPLOK DIA, ITU RELATIF-LAH...



5. Sangat disayangkan sepertinya semua orang yang ingin memberi masukan atau kritik kepada anda, anda anggap sebagai PENCINTA, PENGIKUT,FANS, atau bahkan yang paling parah PENYEMBAH BERHALA (Stephen Tong) ataupun IDOL WORSHIPPER.


KENAPA SIH ANDA TERSINGGUNG SAAT DIBILANG FANS SI-TONG??? KALO NGGAK MERASA BEGITU KENAPA TERSINGGUNG???




Dengan berbicara sembarangan dan menuduh saja itu sudah melanggar 10 perintah Allah bukan?


PERINTAH ALLAH YANG MANA YG SAYA LANGGAR???

ANDA PERNAH BACA AYAT INI NGGAK???
II TIMOTIUS 4:2 "BERITAKANLAH
FIRMAN. SIAP SEDIALAH BAIK ATAU TIDAK BAIK WAKTUNYA. NYATAKANLAH APA YANG SALAH. TEGORLAH & NASEHATILAH DENGAN SEGALA KESABARAN & PENGAJARAN."

JADI, KALO SAYA MENYATAKAN APA YANG SALAH...BERARTI MALAH SAYA YANG SALAH??? GITU???

ANDA MUNGKIN HENDAK MENDEBAT LAGI "LHO BUKANKAH DISITU ADA KATA "NASEHATILAH....DENGAN KESABARAN...." BERARTI KAN NEGORNYA HARUS KALEM & LEMAH LEMBUT. EITSSSS TUNGGU DULU. AWALNYA MEMANG HARUS GITU. TAPI AYAT TSB JUGA JELAS2 MENYATAKAN "NYATAKAN APA YG SALAH....TEGORLAH....DENGAN PENGAJARAN" ITU BERARTI NGGAK CUMA LEMBUT, TAPI JUGA KERAS JIKA DIPERLUKAN.

SUDAH 3 TAHUN SAYA MENGAMATI BLOG INI TANPA REAKSI APAPUN. SUDAH 3 TAHUN PULA SAYA MENASEHATI SI-TONG DENGAN PENUH KASIH, DENGAN HALUS, DENGAN LEMBUT, TAPI GAGAL. KEMUDIAN, SAYA MENAIKKAN INTENSITAS BUKAN LAGI DENGAN NASEHAT, MELAINKAN DENGAN TEGURAN. TETAP GAGAL. AKHIRNYA SAYA SAYA MENAIKKAN LAGI INTENSITASNYA DENGAN KRITIK STANDARD. TETAP GAGAL. KEMUDIAN AKHIRNYA DENGAN KRITIK PEDAS. TETAP GAGAL. MAU TIDAK MAU, SEPERTI ALKITAB KATAKAN BAHWA KITA HARUS SALING MENASEHATI SESAMA SAUDARA, DAN JIKA TIDAK MAU DINASEHATI MAKA HARUS DITEGUR DIHADAPAN KELOMPOK KECIL/PENATUA MISALNYA, NAMUN JIKA TIDAK BISA JUGA MAKA HARUS DI-TEGUR KERAS DIHADAPAN JEMAAT.

GITU MASIH SALAH YA???
CK..CK..CK..HARUS GIMANA DONG?



Apakah anda yakin bahwa saya atau semua orang yang mengkritisi anda memang orang yang anda tuduhkan itu? Bagaimana jika saya dan orang2 lain adalah orang2 gereja lain yang melihat bahwa anda tidak menunjukkan kekristenan dalam perkataan anda sehingga sebagai saudara seiman perlu kita ingatkan, terlepas dari benar atau tidaknya Stephen Tong? Selain itu, apakah ada dalam tulisan saya yang mengatakan betapa hebatnya atau benarnya atau apapun yang menunjukkan pembelaan terhadap Stephen Tong? Sepertinya anda tidak akan dapat melihat itu karena anda tidak mengintrospeksi diri anda terlebih dahulu sebelum mengkritisi orang lain. Satu lagi, anda pasti tahu arti Soli Deo Gloria bukan? Seharusnya dari situ anda tahu kepada siapa saya menyembah kan?


SILAHKAN. SAYA TIDAK ANTI KRITIK KOK. TAPI SETIAP OBYEK TERKRITIK HARUS MEMPUNYAI HAK JAWAB KAN? MAKA DALAM HAL INI SAYA MENJAWAB. LALU KENAPA ANDA BERUSAHA MENEKAN SAYA DENGAN GAYA MANIPULASI ANDA AGAR SAYA MENERIMA PENDAPAT ANDA BAHWA SIKAP SAYA TIDAK MENUNJUKKAN KEKRISTENAN???

DALAM HAL APA SAYA TIDAK MENUNJUKKAN KEKRISTENAN??? APAKAH SAYA MEMAKI2 DISINI??? APAKAH SAYA MENGGUNAKAN KATA2 UMPATAN??? APAKAH SAYA BERKATA2 KOTOR DISINI??? TDAK SATUPUN!!!

SAYA SIH MASIH MERASA WAJAR2 AJA.
COBA SAYA PENGEN TAU, APA PENDAPAT ANDA TENTANG UCAPAN TUHAN YESUS DALAM MATIUS 3:7 "HAI, KAMU KETURUNAN ULAR BELUDAK!!!" DAN APA PENDAPAT ANDA TERHADAP KATA PAULUS DALAM FILIPI 3:2 "BERHATI2LAH TERHADAP ANJING2 ITU!!!" SILAHKAN DI-COMMENTS....KEBACUT MANA SAYA AMA TUHAN YESUS & RASUL PAULUS??? (JANGAN NUDUH SAYA MBANDING2IN AMA YESUS & PAULUS LHO YA?)




6. Apakah anda tahu bahwa sebagai orang Kristen kita perlu menjadi garam dan terang dunia (Saya sangat yakin anda tahu apalagi anda sudah Double Doctorate dan sudah mau S3)?



TENTU DONG....




Bagaimana anda bisa berkata, jika saudara2 kita yang Muslim membaca tulisan anda dan menjelek2kan Kristen gara2 itu, "biarin aja"? Jika memang begitu, berarti anda tidak memberikan kesaksian yang baik kepada dunia kan?



KESAKSIAN YANG BAIK ADALAH "KEBENARAN & KEJUJURAN"
BUKAN KEMUNAFIKAN...
JIKA SI-TONG SALAH, SAYA AKAN TETAP BILANG DIA SALAH. JIKA SI-TONG BENER, SAYA AKAN MEMBELA DIA.

PRINSIP SI-TONG TENTANG KESELAMATAN ITU ANUGERAH, JELAS2AN SAYA BELA. TAPI PRINSIPNYA MENGENAI PRE-DESTINATION & DIKOTOMI, JELAS2AN SAYA TENTANG!!! UDAH ADIL, KAN???




Sikap seperti inilah yang menyebabkan Mahatma Gandhi tidak menjadi Kristen terlepas dia sangat mengagumi ajaran Kristen.



TAMPAKNYA ANDA NGGAK PERNAH BACA JELAS MENGENAI MAHATMA GANDHI.
JIKA BICARA CONTEXT ITU, BACALAH BAIK2 BAIK2, BEGINI CERITA ASLINYA:

DALAM SUATU PERISTIWA, GANDHI DATANG KE-SEBUAH GEREJA. DISANA DIA MELIHAT RAKYATNYA BERIBADAH DI-GEREJA YG SAMA DENGAN ORANG2 ONGGRIS, TAPI MEREKA HARUS DUDUK DI-LANTAI TANAH, DI-KURSI2 BELAKANG, BAHKAN DI-HALAMAN DIBAWAH TERIK MENTARI, SEDANGKAN ORANG2 INGGRIS DUDUK DI-BARISAN DEPAN YANG NYAMAN. PADA SAAT ITULAH, DIA MELIHAT KETIDAKADILAN & LANGSUNG BERKOMENTAR "SAYA MENCINTAI YESUSMU, TAPI SAYA TIDAK MENCINTAI KEKRISTENANMU"

BY THE WAY, SIAPA YG BILANG BAHWA GANDHI HENDAK MASUK KRISTEN??? TIDAK!!! DIA BERKUNJUNG KE-GEREJA BUKAN DALAM RANGKA HENDAK MASUK KRISTEN, TAPI DIA HENDAK MENYAMPAIKAN ORASI. ORANG2 KRISTEN SENDIRILAH YANG GE-ER & MEMBUMBUI KISAH ITU MENJADI SEOLAH2 GANDHI HENDAK MASUK KRISTEN.

TAPI, DARI CERITA ITU ANDA PERLU TAHU, BAHWA GANDHI SANGAT MENGAGUMI YESUS KARENA SIKAP KETERUS-TERANGAN YESUS MELAWAN KETIDAK-ADILAN DARI PARA AHLI TAURAT & FARISI. YESUS TIDAK PERNAH TAKUT MELONTARKAN KRITIK SOSIAL, YESUS TAK GENTAR TERHADAP ORANG2 YG MENGAGUMI PARA FARISI BERLEBIHAN, BAHKAN YESUS TETAP BERDIRI TEGUH SAAT PARA IMAM MENJATUHKAN VONIS KEPADANYA. YESUS TAK PERNAH TAKUT DI-CACI MAKI. ITU YANG GANDHI KAGUMI.

DALAM HAL MENGKRITIK KESALAHAN & DOSA, YESUS SANGAT KERAS & STRAIGHT. NAMUN TERHADAP ORANG2 YG MAU BERTOBAT, YESUS SANGAT LEMBUT. BUKANKAH SAYA HANYA BERUSAHA MENCONTOH YESUS???

JADI, JIKA ANDA MENGANALOGIKANNYA & BERUSAHA MENGARAHKANNYA KEPADA KISAH GANDHI, YA ANDA MALAH MEMBUKA BOROK ANDA SENDIRI DONG....






Anda di topik lain menyoroti apakah ada jemaat dari Stephen Tong dari Muslim atau agama lain? Saya yakin ada,


ADA??? MANA???

SEKEDAR OMONGAN "SAYA YAKIN ADA" BUKANLAH BERARTI "PASTI ADA"

KALOPUN ADA, PERLU DITELITI JUGA, APAKAH SI-MUSLIM MASUK KRISTEN KARENA KOTBAH2NYA SI-TONG ATAU KARENA SEBAB LAIN???


tetapi jika dengan sikap anda seperti ini justru itu yang perlu dipertanyakan. Apakah dengan sikap, perkataan, dan kearoganan anda, akan ada saudara dari agama lain yang kagum dengan Kekristenan atau menganggap kekristenan Tong KOSONG?



LHO, YA SAYA NGGAK TAU PENDAPAT MEREKA. MAKANYA YA BIARIN AJA. APAKAH ANDA "BENAR2" TAU??? ATAU HANYA MENDUGA2? ATAU HANYA KEKUATIRAN TAK BERDASAR ANDA SAJA???




7. Yang terakhir, dan menurut saya paling PENTING. Anda berkoar-koar di blog ini, pertanyaan saya: Apakah sosok yang anda "kritisi" itu tahu? Atau ini hanya untuk memuaskan ego anda untuk membalas dendam karena menurut anda Stephen Tong sudah menjelek2kan Gereja anda? Apa yang anda maksud dengan kalimat "...saya akan tetap bersikap ADIL dengan terus mengkritisi dia ..."? Saya melihat dan saya yakin, semua yang tidak sependapat dengan anda, melihat bahwa di sini anda tidak mengkrtisi seseorang tetapi menjelek-jelekkannya. Anda mengumbar emosi dan kata-kata arogan anda di sini. Apakah "menusuk orang dari belakang" bisa dikategorikan "Sportif dan Gentleman"?
Jika anda memang kenal dengan staffs dari Stephen Tong seperti yang anda ceritakan dan di sisi lain sepertinya anda sangat paham dengan ajaran Stephen Tong serta setahu saya setiap gereja terbuka kan untuk jemaat yang mau datang; mengapa anda TIDAK SECARA LANGSUNG MENYAMPAIKAN SEMUA PESAN DAN KESAN ATAUPUN KRITIK SERTA PEMBELAAN ANDA KEPADA STEPHEN TONG SECARA LANGSUNG???? Saya yakin dia akan memberikan jawaban yang mungkin TIDAK AKAN anda dapatkan dari kami-kami di sini ataupun BLOGGER??
Saya yakin dia punya WAKTU atau KEBERANIAN untuk mempertanggung jawabkan ajarannya. Sesudah itu anda BARU BISA MULAI MENULIS DI SINI DAN SHARE APA YANG ANDA DAPATKAN DARI DISKUSI ITU.



SAYA SUDAH MENJAWABNYA DI-AWAL COMMENTS INI. BAHWA SAYA SUDAH PERNAH MENGKRITIK SI-TONG SECARA LANGSUNG MAUPUN TAK LANGSUNG.

10:55 AM  
Blogger SoliDeoGloria said...

1. Anda menunjukkan sikap arogan dan sombong (menurut saya sih itu, sikap yang ditentang di dalam Alkitab) dan itulah yang anda banding2kan dengan Stephen Tong. Itulah yang dimaksudkan bahwa anda selalu membanding2kan, pada pernyataan saya sebelumnya. Jika anda berkata kepada saudara Isaiah, “Anda memang doctor dari mana?”, apakah itu bukan suatu kesombongan yang sangat jelas (anda pasti tahu lah, jangan bilang “hanya mau bertanya saja” ya, karena saya yakin anda yang cerdas dan sensitif sehingga bisa tahu sindiran2 dari saudara Isaiah Chen, juga melakukan hal yang sama dengan pertanyaan ini kan)? Memangnya untuk dapat berargumen dan berbicara atau mengkritik anda harus doctor terlebih dahulu? Pantas saja anda merasa bahwa semua orang (termasuk Stephen Tong), akan menanyakan hal yang sama. Padahal menurut saya tidak semua orang berpikiran sempit seperti itu. Jika pun anda bersikeras Stephen Tong atau siapapun itu punya prinsip yang sama dengan anda, adakah bukti nyata atau perkataannya yang bisa dijadikan bukti nyata? Jika ada, mohon nyatakan di blog ini.
2. Jika memang anda sudah pernah mengkritisi secara langsung, tolong ditunjukkan buktinya, siapa anda, kapan, di mana, dan konteksnya apa. Jangan hanya berbicara tanpa bukti. Tenang saja kita (setidaknya saya) tidak akan menganggap anda sombong koq dengan anda menunjukkan/mengatakan identitas anda ini (seperti yang anda katakan pada pernyataan sebelumnya mengenai kenikmatan kesombongan). Selain itu, jika sudah anda kritik, buat apa anda terus menulis di sini karena besar kemungkinan Stephen Tong yang anda ingin kritik itu, tidak membaca blog ini kan? Jika maksud anda memberi informasi, saya pikir kosa kata anda dan kalimat anda, kembali terlalu arogan dan terlalu kasar bukan? Terlepas dari apakah Stephen Tong melakukan hal yang sama atau tidak; karena Anda bukan penggemarnya bukan? Satu lagi, berbagai komentar anda, benar-benar tidak relevan dengan apa yang disebut “kritik” itu sendiri, tiba-tiba mengatakan gelar seseorang hanya dari seminari kelas III ataupun menyuruh seseorang sekolah karena gelarnya merupakan penghargaan dari suatu universitas/entitas pendidikan, saya pikir itu tidak ada kaitannya dengan ajaran Reformed bukan (jika memang benar ajaran yang memang mau anda kritisi bukan?)
3. Sedikit ralat untuk anda, anda sudah memberikan komentar pada setidaknya 2 artikel yang blogger tulis (sejauh yang saya baca), bukan hanya satu artikel saja. Prinsip saya, jika ada yang bisa langsung bisa kita lakukan untuk menasehati seseorang, mengapa melakukan hal lain yang besar kemungkinannya tidak memberikan dampak? Dalam hal ini, menulis untuk mengkritik penulis yang jelas2 melecehkan suatu denominasi (yang menurut anda kurang pantas dilakukan), tidak anda lakukan. Sedangkan mengkritisi Stephen Tong yang orangnya tidak ada dalam blog ini (baca: tidak membaca), anda dengan giat lakukan. Jadi, pertanyaannya adalah mengapa anda belum melakukan kritik pada artikel lain yang saya pikir cukup jelas, dari judulnya saja menyerang suatu denominasi? Jika anda berkata, “blogger tidak menyerang suatu denominasi”, saya tidak habis pikir bagaimana hal itu bisa terjadi? Jika blogger jelas2 memakai kata2 GRII apakah itu bukan berarti menyerang gereja secara keseluruhan? (baca artikel ini: http://reformedinjilindo.blogspot.com/2008_08_01_archive.html). Selain itu, sudah jelas denominasi dibedakan dari ajarannya (yang utama) dan dalam hal ini ajaran reformed injili jelas mengacu pada suatu gereja dan denominasi itu sendiri bukan?
4. Hahahahah…Saya sama sekali tidak merasa terintimidasi dengan gelar2 anda koq, yang sepertinya (baca: mungkin) anda alami jika berbicara dengan seseorang yang tingkat pendidikannya jauh lebih tinggi. Jika anda menunjukkan gelar boleh, mengapa orang lain anda anggap narsis? Anda tidak konsisten. Kita di sini juga membaca tulisan anda yang mengatakan bahwa seorang staff dari Stephen Tong mendapat pesan dari bosnya untuk menggembar-gemborkan gelar Doktorat dari si bos dan meminta tolong anda untuk hal itu. Itu ada bukti atau hanya isapan jempol saja ya? Jika menurut anda ini debat, maka segala perkataan anda harus ada buktinya loh.
5. “Tapi jika si-Tong kosong mau bertobat, tentu saya harus menerapkan prinsip KASIH, dengan mengampuninya, bahkan mendukung & membelanya…”…kalimat itu anda katakan, dan jelas2 menunjukkan adanya urutan, jika sudah bersikap ADIL dan dia bertobat maka blablabla. Itu jelas memisahkan antara KASIH dan ADIL, ADIL dulu, itupun jika dia mau bertobat (menuruti standar keADILan anda terlebih dahulu).
6. Nah, dari mana anda tahu saya sewot gara2 Stephen Tong? Nah, sekali lagi anda menulis tanpa dasar, tidak ada perkataan saya yang sedikitpun membela Stephen Tong bukan? Saya hanya “mengaplok” saudara agar tidak masuk jurang atau comberan atau got atau apapun lah itu kok? Oya, sehubungan dengan sewot, saya juga mau bertanya, mengapa ya anda sewot jika ada seseorang yang dapat gelar doktorat dari seminari tingkat tiga, bukan satu? Mengapa anda sewot jika orang itu dapat gelar doctor tanpa menempuh sekolah dulu (seperti yang anda BANGGAKAN sejauh ini)?? Koq sewot sih? Loh koq sewot?
7. Nah, jika gereja anda tidak seperti yang dikritik Stephen Tong kenapa anda tersinggung juga? Jika anda marah saat orang berbicara sembarangan, kenapa anda tidak berpikir dahulu sebelum berbicara sembarangan (dengan saya contohnya; dengan menuduh saya IDOL WORSHIPPER dll?)? Saya tidak tersinggung ya, hanya ingin tahu saja tanggapan anda mengenai ketidak konsistenan anda ini. Oya, apakah ini yang anda maksud dengan munafik?
8. Sikap arogan dan sombong menurut saya bukanlah suatu kelemahlembutan bukan? “Nasehatilah dan tegorlah dengan kesabaran dan pengajaran” merupakan suatu kesatuan, selain itu “pengajaran” di sini bukan “penghajaran”, tetapi mengajar dengan ajaran (baik teori dan SIKAP plus TELADAN), serta tunjukkan buktinya bahwa ajaran anda benar. Di sini, saya tidak mengatakan teguran yang keras itu dilarang ya tetapi teguran sangat berbeda dengan kesombongan dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain ataupun arogansi.
9. Saya tidak merasa saya memanipulasi anda koq. Saya kan hanya menyatakan bukti bahwa anda menuduh saya menyembah berhala? Nah, tetapi jika anda menanggapi apakah ketidakkristenan harus selalu bicara kotor, itu harusnya anda tahu tidak benar. Sombong dan arogan merupakan sikap yang dibenci Tuhan dari orang Farisi kan? Apakah orang Farisi sering berbicara/berpikiran kotor dan jahat? Mungkin tidak di MULUT dan TULISAN, tetapi di HATI dan MOTIVASI.
10. Saya cuma agak bingung saja, anda bilang suatu ajaran salah kan berdasarkan ajaran/teologi anda kan? Sedangkan denominasi itu muncul karena adanya ajaran yang berbeda-beda. Jiak anda berkata suatu ajaran salah atas dasar teologia/ajaran denominasi anda, maka itu tidak fair menurut saya. Berarti semua ajaran harus sesuai dengan ajaran anda? Jika tidak sama berarti salah? Dengan kata lain, tidak akan ada denominasi bukan? Jelas-jelas, predestinasi atau bukan itu merupakan misteri Tuhan dan bukan urusan kita. Mandat kita adalah, menjadikan seluruh bangsa murid-Nya bukan meributkan predestinasi kan? Terlepas dari apapun yang dianut oleh Stephen Tong, setahu saya dia tetap melakukan KKR untuk tetap berkarya dan menjalankan mandat itu koq (sumber: dari artikel2 yang di tulis pada blog ini).
11. Apakah ada bukti bahwa Gandhi mengagumi Yesus pada hal2 tersebut? Saya jujur, mungkin kurang informasi di sini, mohon petunjuk anda. Selain itu, sikap apakah yang membiarkan orang2 pribumi duduk di lantai sedangkan orang2 Inggris di kursi depan jika bukan kesombongan dan arogansi?
12. Nah, saya bilang “ada”, anda langsung minta bukti dan penjelasan saya. Pernyataan bahwa jemaat suatu gereja hanya “pindahan” dari gereja lain itu apakah juga ada buktinya? Jika boleh bertanya, mana buktinya?
13. Saya jelas bertanya, bukan bilang “pasti”, dengan kata lain saya memang menduga saja, bagaimana jika ada saudara dari agama lain yang kecewa dengan pernyataan anda. Nah, jadi yang disebut dugaan adalah segala sesuatu yang belum pasti, mungkin karena belum terbukti ataupun karena tidak ada bukti. Jadi, menurut saya segala perkataan anda (klaim2 anda sejauh ini) hanya dugaan saja, karena tidak ada bukti.
14. Saudara blessing14 berkata sudah pernah mengkritik saudara Tong secara langsung, apakah bisa di-share kritiknya dan tanggapannya? Jadi, kita bisa mendengar jawaban dari Stephen Tong dan mungkin ada baiknya, kita semua di sini mulai menanggapi dari hasil tersebut bukan? Jangan mulai lagi dari nol seperti yang anda lakukan saat ini atau bahkan memulai dari hal2 yang tidak relevan.

Jesus loves you all!!!

8:45 AM  
Blogger blessing14 said...

DEAR SOLI DEO GLORIA & SEMUA PENYEMBAH BERHALA STEPHEN TONG.

KAYAKNYA MAKIN SERU AJA NIH BLOG INI. EN KAYAKNYA SOLI DEO GLORIA NGGAK TRIMA BANGET EUY. OK DEH SAYA JAWAB COMMENTSNYA.


1. Anda menunjukkan sikap arogan dan sombong bla bla bla.... anda berkata kepada saudara Isaiah, “Memang anda doctor dari mana?”, apakah itu bukan suatu kesombongan yang sangat jelas


MENURUT SAYA TIDAK. PERHATIKANLAH BAIK2. SAAT ITU SDR. ISAIAH CHEN-LAH YANG "MENUSUK" SAYA DULUAN DENGAN MERENDAHKAN DOCTOR SAYA DARI UCM/PLM. MAKANYA SAYA BILANG DIA TIDAK TAHU APA2 MENGENAI UCM/PLM. TAPI KEMUDIAN SAYA TIDAK MENGATAKAN APAPUN MENGENAI UCM/PLM YG MENUNJUKKAN KEHEBATAN DOCTORAL TSB BUKAN??. NAMUN, SAAT INI SAYA HENDAK MENJELASKAN SEDIKIT BACKGROUND CASE ITU. PERLU DIKETAHUI BAHWA UCM/PLM MERUPAKAN UNIVERSITAS NEGERI/STATE UNIV TERBESAR DI-PHILIPINES & MERUPAKAN SATU DARI 100 TOP UNIV IN THE WORLD. JADI, SAYA BENAR2 MENANYAKAN KAPASITAS DOCTORAL ISAIAH CHEN BUKAN KARENA KESOMBONGAN, TAPI KARENA MENURUT SAYA, SEORANG LAYAK MEMBERIKAN KRITIK PALING TIDAK BERDASARKAN 3 HAL:

1. RELEVAN CONTENT
2. VALID DATA
3. LEVELIZED

1. RELEVANT : ARTINYA, KRITIK YG DISAMPAIKAN HARUS RELEVAN, SESUAI TOPIKNYA. SEDANGKAN ISAIAH CHEN MENYERET & MENGADU DOCTOR HC SI-TONG DENGAN DOCTOR BUSINESS ADM. SAYA. MENURUT SAYA INI TIDAK RELEVAN. MANA BISA DHC VS DBA. NGGAK COCOK KAN? TAPI TOH ISAIAH CHEN YG MBANDING2IN DULU.

JANGAN MENGIRA BAHWA SAYA MENUNJUKKAN DBA SAYA UTK MENYOMBONGKAN DIRI. SAYA MENUNJUKKAN ITU DALAM RANGKA MEMBERIKAN PEMAHAMAN BAHWA SAYA BENAR2 TINGGAL DI-PHILIPPINES & MENGETAHUI BENAR APA ITU "La Madrid International Academy of Leadership" NAMANYA AJA ACADEMY, MUSTINYA HANYA BOLEH SAMPAI GELAR DIPLOMA. KENAPA BISA SAMPAI NGASIH DOCTOR??? DARI SITU AJA UDAH KETAHUAN KUALITASNYA GIMANA.


2. VALID DATA: ISAIAH CHEN MENGKRITIK TANPA DATA VALID. MERENDAHKAN DOCTORAL UCM/PLM TANPA MENGETAHUI BENAR APA UCM/PLM?

3. LEVELIZED: SDR. SOLI DEO GLORIA TERLALU MELEBARKAN TOPIK DISKUSI DENGAN BERUSAHA MENYERETNYA KE-ARAH PENDAPAT DIA SENDIRI BAHWA SAYA SOMBONG DENGAN GELAR DOCTORAL SAYA. TAPI, COBA PERHATIKAN BAIK2 BAHWA SAAT ITU ISAIAH CHEN MEMBAHAS MENGENAI "DOCTORAL" STEPHEN TONG & DOCTORAL SAYA. MEMBANDING SESUATU YG TIDAK RELEVAN DENGAN DATA YG TIDAK VALID. DALAM ARTI, DIA SENDIRI TIDAK TAHU APA2 TENTANG LA MADRID-NYA SI-TONG & UCM/PLM-NYA SAYA. JELAS DONG, SAYA MERAGUKAN KAPASITAS KRITIKNYA DIA.




Memangnya untuk dapat berargumen dan berbicara atau mengkritik anda harus doctor terlebih dahulu?


MENURUT SAYA, UTK MENGKRITIK SAYA TIDAK HARUS DOKTOR. NAMUN KARENA SAAT ITU TOPIK BAHASANNYA BUKAN TENTANG SAYA PRIBADI, TAPI MENGENAI "DOCTORAL" MAKA DIA HARUS PUNYA KAPASITAS ITU UNTUK MEMBICARAKANNYA, SEHINGGA DISKUSINYA BISA MATCH. PERCUMA KAN, KALO MISALNYA SI-TONG DOCTOR, LALU SAYA DOCTOR, RIBUT SOAL DOCTOR, LALU TIBA2 DATANG SEORANG LULUSAN SMA YG TAU2 DATANG & NYEROCOS SOAL DOCTORAL NAMUN TERNYATA TIDAK TAHU APA2 SOAL DOCTORAL. MAKA SAYA HARUS MENANYAKAN PADA ISAIAH CHEN "ANDA SENDIRI DOCTOR DARI MANA?" JIKA ANDA BUKAN DOCTOR & TIDAK TAU APAP2 TENTANG DOCTOR, YA NGGAK USAH BICARA APAPUN MENGENAI HAL ITU. SILAHKAN AJA KITA BICARA AJA TENTANG TOPIK LAIN NO PROBLEM. TAPI BERHUBUNG ANDA TIDAK DALAM KAPASITAS & POSISI DOCTOR ATAU TAHU TENTANG DOCTOR, YA NGGAK USAH NGOMONG. KARENA TOH NGGAK AKAN NYAMBUNG. BUKTINYA DIA MEMBANDINGKAN DOCTOR UCM YG PUNYA RATUSAN GEDUNG FAKULTAS & LAB DAN LUAS UNIVERSITY-NYA AJA 1/10 KOTA INTRAMUROS DIBANDING DENGAN LA-MADRID & WTS-USA YG CUMAN PUNYA 1-2 GEDUNG KECIL. MASAK BISA NYAMBUNG NGOMONG AMA PENGKRITIK SEPERTI ITU. IYA KAN???







Pantas saja anda merasa bahwa semua orang (termasuk Stephen Tong), akan menanyakan hal yang sama. Padahal menurut saya tidak semua orang berpikiran sempit seperti itu. Jika pun anda bersikeras Stephen Tong atau siapapun itu punya prinsip yang sama dengan anda, adakah bukti nyata atau perkataannya yang bisa dijadikan bukti nyata? Jika ada, mohon nyatakan di blog ini.


LHO, YANG MERASA BEGITU SIAPA???
SAYA KOK NGGAK MERASA BEGITU???
ANDA SENDIRI KAN YG BERPENDAPAT BAHWA SAYA MERASA BEGITU?...ATAU ANDA SEDANG BERUSAHA MEMBANGUN OPINI PUBLIK BAHWA SAYA MERASA BEGITU.

NAH, IYA KAN? ANDA INI SELALU BERUSAHA MEMANIPULASI LAWAN BICARA DENGAN MENGARAHKAN PADA OPINI ANDA SENDIRI. MANIPULASI TUH YG HALUS BRO...MENYERET OPINI PUBLIK UTK MENDUKUNG ANDA JUGA HARUS YG SMOOTH...JANGAN MAEN KASAR GITU. MALAH KETAHUAN BODOHNYA.



2. Jika memang anda sudah pernah mengkritisi secara langsung, tolong ditunjukkan buktinya, siapa anda, kapan, di mana, dan konteksnya apa. Jangan hanya berbicara tanpa bukti.



SAYA PERNAH BERBICARA SECARA PRIBADI SETELAH SI-TONG SELESAI KOTBAH. MENURUT ANDA GIMANA, BUKTI ITU GIMANA MEMBUKTIKANNYA??? LUCU BANGET JIKA SAAT ITU SAYA MENGKRITIK LANGSUNG DENGAN MENDATANGINYA SESUDAH KOTBAH TANPA SAYA PUNYA MOTIVASI APAPUN (MAKANYA NGGAK SAYA REKAM), LALU TIBA2 ANDA MINTA BUKTI. BUKTI APA??? REKAMAN PEMBICARAANNYA??? YA ANEH DONG....

LAGIPULA, APA RELEVANSINYA DENGAN SAYA HARUS MEMBUKA IDENTITAS SAYA?? ANDA INI AGAK ANEH. ANDA BENAR2 MANIPULATOR KACANGAN. APA IDENTITAS SAYA AKAN DIJADIKAN KOMODITAS AGAR SAYA BISA DITUNTUT PENCEMARAN NAMA BAIK ATAU PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN??? BRO...SAYA NGGAK SEGOBLOK ITU. GEREJA & SEORANG TOKOH BISA PUNYA OTAK POLITIK. JIKAPUN BUKAN ANDA, SIAPAPUN BISA MELAKUKANNYA.

DAN YANG PALING PENTING, BLOG INI DIBUAT SEBAGAI SALAH SATU SITUS YANG KONTRA (DIANTARA BANYAK SITUS LAIN YG MEMUJA2) SI-TONG. BLOG INI HENDAK BERUSAHA MENEMPATKAN KASUS SI-TONG PADA PROPORSINYA (INI DILUAR BEBERAPA ARTIKELNYA YG ADA KELIRU DATANYA JUGA, YANG BELUM SEMPAT SY KRITIK)



Selain itu, jika sudah anda kritik, buat apa anda terus menulis di sini karena besar kemungkinan Stephen Tong yang anda ingin kritik itu, tidak membaca blog ini kan?


ANDA TAHU DARI MANA JIKA SI-TONG NGGAK BACA BLOG INI??? APA KARENA SI-TONG NGGAK BISA MAEN KOMPUTER??? ^__^ KARENA SI-TONG TUH NULIS SMS AJA GAPTEK KOK....TAPI MENULIS DI-BLOG INI TETAP DIPERLUKAN DALAM ARTI SBB :

1. JIKA ANDA PIKIR ADA KEMUNGKINAN SI-TONG NGGAK BACA, BERARTI ADA KEMUNGKINAN SI-TONG BACA. MASIH 50:50 KAN??? KITA SETARA DALAM HAL INI, JADI NGGAK USAH MERASA MENANG.

2. WALAUPUN SI-TONG NGGAK BACA, BISA AJA ADA ORANG2 ATAU ANTEK2NYA YANG BACA. JADI BISA AJA TERSAMPAIKAN.

3. TUJUAN BLOG INI KAN BUKAN HANYA UTK SI-TONG PRIBADI. TAPI UTK PUBLIK & TERUTAMA UTK MEMATAHKAN ARGUMEN2 PARA PENYEMBAH BERHALA DEWA TONG KOSONG ITU. DAN MENYADARKAN MEREKA AGAR "SADAR SE-SADAR2NYA" TENTANG BAHAYA DOKTRIN2 SI-TONG TERHADAP KEKRISTENAN. BAYANGIN AJA, MASAK DI-HADAPAN SI-TONG NGGAK ADA SATUPUN GEREJA YG BENER KECUALI REFORMED-NYA DIA SENDIRI. SILAHKAN TANYA SI-TONG KALO ANDA NGGAK PERCAYA. SAYA PERNAH TANYA PRIBADI & DIA MENJAWAB "HANYA REFORMED INJILI YG BENER!!!"






Jika maksud anda memberi informasi, saya pikir kosa kata anda dan kalimat anda, kembali terlalu arogan dan terlalu kasar bukan? Terlepas dari apakah Stephen Tong melakukan hal yang sama atau tidak;



SAYA SIH MASIH MERASA WAJAR2 AJA.
KAN SAYA UDAH BILANG, KALO DIKASIH TAU SECARA HALUS, LEMBUT & BAIK2 NGGAK BISA YA HARUS DIKRITIK SECARA TAJAM. DEMI KEBAIKAN SI-TONG SENDIRI.

BICARA SOAL KASAR....JUSTRU ANDA SENDIRI DARI KEMAREN2 SELALU MENGHINDARI PERTANYAAN SAYA INI :

APA PENDAPAT ANDA TENTANG UCAPAN TUHAN YESUS DALAM MATIUS 3:7 "HAI, KAMU KETURUNAN ULAR BELUDAK!!!"????

DAN APA PENDAPAT ANDA TERHADAP KATA PAULUS DALAM FILIPI 3:2 "BERHATI2LAH TERHADAP ANJING2 ITU!!!"????

SILAHKAN DI-COMMENTS....KEBACUT MANA SAYA AMA TUHAN YESUS & RASUL PAULUS???

ATAU ANDA BUTUH LEBIH BANYAK AYAT2 LAGI YG DIUCAPKAN OLEH PARA NABI2 YG BERNADA SARKASTIS SEPERTI ITU???
KALO MAU SAYA CARIKAN BUAT ANDA....



karena Anda bukan penggemar Stephen Tong bukan?


SAYA PENGGEMAR STEPHEN TONG. SAYA TIDAK MEMBENCINYA. SAYA MENYUKAINYA. DIA LUCU & KONYOL.




Satu lagi, berbagai komentar anda, benar-benar tidak relevan dengan apa yang disebut “kritik” itu sendiri, tiba-tiba mengatakan gelar seseorang hanya dari seminari kelas III ataupun menyuruh seseorang sekolah karena gelarnya merupakan penghargaan dari suatu universitas/entitas pendidikan' saya pikir itu tidak ada kaitannya dengan ajaran Reformed bukan (jika memang benar ajaran yang memang mau anda kritisi bukan?)




ANDA YG TIDAK RELEVAN!!!
BUKANKAH COMMENTS SAYA ITU UTK MENJAWAB COMMENTS SDR. ISAIAH CHEN YG SEDANG MEMBAHAS MENGENAI DOCTORAL & WESTMINSTER TS??? JADI, JANGAN LARI DARI CONTEXT!!! PERHATIKAN BAIK2, SAAT ITU CONTEXT YG DIBAHAS ADALAH TENTANG DOCTORAL & WTS (SERTA NYINGGUNG2 UCM/PLM). JADI, JELAS NGGAK MEMBAHAS AJARAN REFORMED DULU. KARENA SAAT ITU SAYA MENGOMENTARI CONTEXT TSB.

JADI MENGAPA ANDA SEKALI LAGI BERUSAHA MENYERET & MEMANIPULASI OPINI PUBLIK SEOLAH2 SAYA MELENCENG DARI KRITIK TENTANG AJARAN REFORMED??? JUSTRU ANDA INI YG SUKA SEKALI KELUAR2 JALUR YACH???

BY THE WAY.
WTS MEMANG BENER2 SEMINARY KELAS III KOK. MASAK SAYA HARUS MUNAFIK NGOMONG BAHWA WTS ADALAH SEMINARY PALING TOP DI-USA??? DAN DOCTOR HC SI-TONG TUH BERDASARKAN LOBBY2 TINGKAT TINGGI DIA UTK MENDAPATKANNYA. BUKAN KARENA KAPASITASNYA. KAN TADI JUGA UDAH SAYA JELASKAN BAHWA LA MADRID ADALAH SETINGKAT ACADEMY. DIMANA2 NAMANYA ACADEMY, HANYA BOLEH MENGELUARKAN LEVEL DIPLOMA. GOBLOK SEKALI JIKA SI-TONG MENDAPAT GELAR DOCTOR DARI SEBUAH ACADEMY. MASAK ORANG KAYAK GITU DIBILANG PINTER???



3. Sedikit ralat untuk anda, anda sudah memberikan komentar pada setidaknya 2 artikel yang blogger tulis (sejauh yang saya baca), bukan hanya satu artikel saja.



NAH, IYA KAN? SEKALI LAGI ANDA TIDAK VALID & BERUSAHA MEMANIPULASI & MENYERET OPINI PUBLIK UTK TUNDUK PADA OPINI ANDA SENDIRI.

PERHATIKAN BAIK2. YA BENAR, SEJAUH INI, SAYA HANYA MEMBERI COMMENTS PADA 2 ARTIKEL. SELEBIHNYA TIDAK. TAPI, PERTANYAAN ANDA & PERNYATAAN SAYA KAN DALAM RANGKA/TENTANG "MENYERANG DENOMINASI" DAN SAYA HANYA MENULIS KATA "SETUJU" PADA 1 (SATU), INGAT 1 (SATU) SAJA ARTIKEL. BUKAN 2. COMMENTS NYA PADA 2 ARTIKEL, TAPI KATA "SETUJU" HANYA 1 ARTIKEL. LAGIAN, ANDAIPUN ADA 2, UTK APA SIH MANCING2 DEBAT KUSIR MEMPERSOALKAN 1-2 COMMENTS DIBANDING RATUSAN ARTIKEL YG UDAH DITULIS AMA PENULIS BLOG INI???? APA KARENA ANDA SUDAH KEHABISAN BAHAN KRITIK TERHADAP SAYA, SEHINGGA SOAL2 REMEH BEGINI ANDA KRITIK JUGA???





Prinsip saya, jika ada yang bisa langsung bisa kita lakukan untuk menasehati seseorang, mengapa melakukan hal lain yang besar kemungkinannya tidak memberikan dampak? Dalam hal ini, menulis untuk mengkritik penulis yang jelas2 melecehkan suatu denominasi (yang menurut anda kurang pantas dilakukan), tidak anda lakukan.



LHO, IYA KAN??? SAYA UDAH BILANG BAHWA PENULIS BLOG INI NGGAK PERNAH MENYERANG DENOMINASI. DIA NGGAK PERNAH MENULISKAN KATA "SINODE" DI-BLOG INI. ATAU JANGAN2 ANDA NGGAK NGERTI ARTI KATA "DENOMINASI"??? COBA DEH ANDA JAWAB PERTANYAAN SAYA INI (TANPA BUKA KAMUS LHO YA? HEHEHE) KARENA SAYA BENER2 CURIGA, KAYAKNYA ANDA NGGAK PAHAM APA ARTI KATA DENOMINASI. COBA JAWAB : "APA BEDANYA ANTARA DENOMINASI, INSTITUSI, ORGANISASI, SINODE, GEREJA & JEMAAT???" TOLONG JELASKAN....





Sedangkan mengkritisi Stephen Tong yang orangnya tidak ada dalam blog ini (baca: tidak membaca), anda dengan giat lakukan.




ANDA TAHU DARI MANA KALO SI-TONG MEMBACA ATO NGGAK MEMBACANYA???

SAYA SUDAH MENJAWAB HAL INI DIATAS.
TAPI ANDA BERUSAHA MENGULANG2NYA UTK MEMPERKUAT MANIPULASI ANDA TERHADAP OPINI PUBLIK.




Jadi, pertanyaannya adalah mengapa anda belum melakukan kritik pada artikel lain yang saya pikir cukup jelas, dari judulnya saja menyerang suatu denominasi?


LHO, KOK TANYA INI LAGI???
KAN UDAH DIBILANG, BAHWA PENULIS BLOG INI TIDAK MENYERANG SUATU DENOMINASI.

ANDA TAHU NGGAK SIH APA ARTINYA DENOMINASI???



Jika anda berkata, “blogger tidak menyerang suatu denominasi”, saya tidak habis pikir bagaimana hal itu bisa terjadi? Jika blogger jelas2 memakai kata2 GRII apakah itu bukan berarti menyerang gereja secara keseluruhan?



WAH, IYA TEPAT DEH DUGAAN SAYA, BAHWA ANDA BENER2 NGGAK NGERTI ARTI DENOMINASI.

COBA DEH SAYA TANYA:

"TAHU NGGAK BEDANYA, ANTARA "DENOMINASI" PENTAKOSTA, DENGAN "GEREJA" GPDI???"

TAHU NGGAK ANDA BEDANYA ANTARA "DENOMINASI" REFORMED DENGAN "GEREJA" REFORMED"???

DENOMINASI KRISTEN DI-INDONESIA ADA 3 ARAS BESAR. PROTESTAN, INJILI, PENTAKOSTA. KITA LIHAT PROTESTAN MISALNYA: TERDIRI DARI BANYAK MACAM GEREJA. ADA GKI, HKBP, GKA, DSB. APAKAH ANTARA GKI, HKBP, GKA, PUNYA AJARAN YG SAMA???

JIKA ANDA BILANG : SAMA!!!
BERARTI ANDA KELIRU.

PENGAKUAN IMANNYA-LAH YG SAMA, KARENA MENGAKUI PENGAKUAN IMAN DARI KONSILI NICEA. SEDANGKAN AJARANNYA BISA BEDA. LHA WONG ANTAR GKI AJA BISA BEDA2 KOK PENERAPAN AJARANNYA.

GBI (GEREJA BETHEL INDONESIA) MISALNYA. ADA YG BERGAYA PROTESTAN (TANPA TEPUK TANGAN), ADA YG BERGAYA INJILI (PAKE MUSIK, TEPUK TANGAN, DSB TAPI NGGAK BERBAHASA ROH), DAN ADA YG BERGAYA PENTAKOSTA/KHARISMATIK. APAKAH AJARAN MEREKA SESAMA GBI ITU SAMA??? TIDAK!!! COBA ANDA TANYA PADA PENDETA2 GBI, TENTANG SUATU AJARAN TENTANG "BOLEHKAH PENDETA WANITA MEMBAPTIS???" JAWABANNYA PASTI BERAGAM.


Selain itu, sudah jelas denominasi dibedakan dari ajarannya (yang utama) dan dalam hal ini ajaran reformed injili jelas mengacu pada suatu gereja dan denominasi itu sendiri bukan?



YA NGGAK SELALU BEGITU DONG....
ANDA SENDIRI YG BERPENDAPAT BEGITU.
KAN UDAH SAYA BILANG, SEBUAH GEREJA BELUM TENTU MEWAKILI KESELURUHAN DENOMINASI. APA ANDA KIRA GRII MEWAKILI DENOMINASI REFORMED SECARA KESELURUHAN??? INGAT YA, DENOMINASI REFORMED ITU BUKAN HANYA GRII EUY!!!


4. Hahahahah…Saya sama sekali tidak merasa terintimidasi dengan gelar2 anda koq, yang sepertinya (baca: mungkin) anda alami jika berbicara dengan seseorang yang tingkat pendidikannya jauh lebih tinggi. Jika anda menunjukkan gelar boleh, mengapa orang lain anda anggap narsis?



LHO, SAYA KAN MENUNJUKKAN GELAR SAYA DALAM RANGKA MEMBERI PEMAHAMAN BAHWA SAYA BENAR2 TINGGAL DI-PHILIPPINES. SEHINGGA MENGETAHUI SEPERTI APA "LA MADRID ACADEMY" ITU.

TAPI KALO SOAL SI-TONG NARSIS. EMANG IYA!!! GELAR DOCTOR HC NYA DIA KAN "NYARI". BUKAN KARENA "DIKASIH" SUNGGUHAN. APALAGI DENGAN "KERJA KERAS" SEPERTI YG SAYA & REKAN2 DOKTOR LAIN LAKUKAN.

MASAK DAPET DOKTOR DARI SEBUAH ACADEMY??? BENAR2 MENGGELIKAN!!!




Anda tidak konsisten. Kita di sini juga membaca tulisan anda yang mengatakan bahwa seorang staff dari Stephen Tong mendapat pesan dari bosnya untuk menggembar-gemborkan gelar Doktorat dari si bos dan meminta tolong anda untuk hal itu. Itu ada bukti atau hanya isapan jempol saja ya?


NGGAK PERCAYA YA SILAHKAN. TAPI MEMANG ITU YG TERJADI. SAAT ITU SAYA TIDAK MEREKAMNYA. DAN BUAT APA JUGA MEREKAMNYA. APA SETIAP PEMBICARAAN HARUS ADA REKAMANNYA??? TAPI KARENA ANDA, SAAT INI SAYA JUSTRU TERTARIK JUGA UTK MEREKAMNYA. BELI PEN-CAM DIMANA YA?




Jika menurut anda ini debat, maka segala perkataan anda harus ada buktinya loh.


BUKTI SOAL APA??? KALO SOAL PERKATAAN, SAYA UDAH MENJELASKANNYA BAHWA SAAT SAYA MENGKRITIK SI-TONG SECARA LANGSUNG MEMANG SAYA NGGAK MEREKAMNYA. KEPIKIRAN AJA NGGAK. TAPI SAYA SUDAH MELAKUKANNYA.






5. “Tapi jika si-Tong kosong mau bertobat, tentu saya harus menerapkan prinsip KASIH, dengan mengampuninya, bahkan mendukung & membelanya…”…kalimat itu anda katakan, dan jelas2 menunjukkan adanya urutan, jika sudah bersikap ADIL dan dia bertobat maka blablabla. Itu jelas memisahkan antara KASIH dan ADIL, ADIL dulu, itupun jika dia mau bertobat (menuruti standar keADILan anda terlebih dahulu).



KALO ITU PENDAPAT ANDA, YA SUDAH.
MARI KITA KASIHI SI-TONG. JANGAN PERNAH DI-KRITIK LAGI. BIARIN AJA DIA NYEMPLUNG JURANG. GITU NYA?




6. bLA BLA BLA......Saya hanya “mengaplok” saudara agar tidak masuk jurang atau comberan atau got itu kok?


LHO, TAU DARI MANA KALO SAYA MAU NYEMPLUNG GOT???

SAYA MERASA SAAT INI SAYA SEDANG BERJALAN DI-TRACK YG BENAR & TIDAK ADA GOT ATAUPUN JURANG DI-SEKELILING SAYA.

LALU KENAPA TIBA2 ANDA NGAPLOK???
ADA MOTIVASI APA DIBALIK ITU???



Oya, sehubungan dengan sewot, saya juga mau bertanya, mengapa ya anda sewot jika ada seseorang yang dapat gelar doktorat dari seminari tingkat tiga, bukan satu? Mengapa anda sewot jika orang itu dapat gelar doctor tanpa menempuh sekolah dulu (seperti yang anda BANGGAKAN sejauh ini)?? Koq sewot sih? Loh koq sewot?



OK. SAYA PENGEN TAU PENDAPAT ANDA. JADI KALO ADA SEBUAH ACADEMY NGASIH GELAR DOKTOR, ANDA AKAN DIEM AJA??? MUNGKIN BEGITU. TAPI SAAT PARA PENDETA, ORANG2 YG DIKAGUMI SEBAGAI HAMBA TUHAN. SEPERTI SI-TONG (DAPET DR.HC DARI SEBUAH ACADEMY), LALU DARI BETHANY SI-ALEX TANUSAPUTRA, YUSAK HADISISWANTORO, BAMBANG YUDHO,DSB DAPET GELAR "PROFESSOR" DARI TRINITY CROWN UNIV, ANDA AKAN DIEM AJA???? MEREKA HAMBA2 TUHAN YG DIANUT OLEH BANYAK ORANG LHO!!! MEREKA MENIPU JEMAAT DENGAN GELAR2NYA LHO!!! ANDA AKAN DIEM AJA MENYAKSIKAN KEPALSUAN2 ITU???

ORANG YG MELAKUKAN KEJAHATAN & ORANG YG DIEM AJA SAAT SESEORANG MELAKUKAN KEJAHATAN, PADAHAL DIA TAHU & BISA MELAPORKANNYA, MAKA DI-MATA HUKUM MEREKA SAMA2 BERBUAT JAHAT.

LA MADRID HANYA SEBUAH ACADEMY. TIDAK BER-HAK MENGELUARKAN GELAR DOCTOR APAPUN. DOCTOR HC SEKALIPUN.
ANDA MAU DIEM AJA???

PROFESOR BUKANLAH GELAR MELAINKAN JENJANG PROFESI PENGAKUAN AKADEMIK PADA SEORANG GURU BESAR. DRA. SAULINA PANDJAITAN MISALNYA, HANYALAH S-1, TAPI KARENA BELIAU GURU BESAR & PENGABDIANNYA LUAR BIASA PADA INSTITUSI, MAKA BELIAU MENDAPAT ANUGERAH PROFESSOR.

LHA ALEX, YUSAK, APALAGI BAMBANG YUDHO, BUKAN GURU BESAR. TIBA2 DAPET GELAR PROFESSOR DARI TRINITY CROWN UNIV. ANDA DIEM AJA???

TRI CROWN UNIV. TIDAK TERDAFTAR DI-AKREDITASI MANAPUN & TIDAK PUNYA CAMPUS. LALU ALEX, YUSAK, BAMBANG YUDHO MENGADAKAN PESTA SYUKURAN UTK MERAYAKAN GELAR ITU. ANDA DIEM AJA????
TERUS TERANG, SAYA SEWOT
MELIHAT KEPALSUAN2 ITU. BAGAIMANA DENGAN ANDA??? ANDA AKAN DIEM AJA??? ANDA NGGAK SEWOT??? BERARTI TUMPUL-LAH HATI NURANI-MU!!!




7. Nah, jika gereja anda tidak
seperti yang dikritik Stephen Tong kenapa anda tersinggung juga?

????BINGUNG SAYA?????
GEREJA SAYA KENAPA????
KOK JADI LARI2 KE-GEREJA SAYA???
APA HUBUNGANNYA????
DARI KEMAREN2 NGGAK MEMBAHAS GEREJA SAYA TUH????






Jika anda marah saat orang berbicara sembarangan, kenapa anda tidak berpikir dahulu sebelum berbicara sembarangan




SAYA BERPIKIR SEBELUM BICARA.
ANDA YG MUNGKIN KURANG DALAM BERPIKIRNYA.




(dengan saya contohnya; dengan menuduh saya IDOL WORSHIPPER dll?)? Saya tidak tersinggung ya,


KALO NGGAK TERSINGGUNG, KENAPA MASIH NYINGGUNG2 SOAL INI TERUS??? ^__^




hanya ingin tahu saja tanggapan anda mengenai ketidak konsistenan anda ini. Oya, apakah ini yang anda maksud dengan munafik?



MASAK NGGAK NGERTI MAKSUD KATA MUNAFIK ITU???




8. Sikap arogan dan sombong menurut saya bukanlah suatu kelemahlembutan bukan? “Nasehatilah dan tegorlah dengan kesabaran dan pengajaran” merupakan suatu kesatuan, selain itu “pengajaran” di sini bukan “penghajaran”, tetapi mengajar dengan ajaran (baik teori dan SIKAP plus TELADAN),



PENGAJARAN MEMANG BUKAN PENGHAJARAN

(SIAPA YG BILANG PENGHAJARAN SIH??? ANDA MEMANG BENER2 MANIPULATOR KACANGAN. NGGAK NGOMONG BEGITU DIBILANG NGOMONG BEGITU.).

NAMUN DALAM "PENGAJARAN' ADA UNSUR DISIPLIN. GEREJA AJA SEKALIPUN BERPRINSIP KASIH, TETAP ADA YG NAMANYA EX-COMMUNICATIO, DISIPLIN GEREJA, SKORSING, DSB.





serta tunjukkan buktinya bahwa ajaran anda benar. Di sini, saya tidak mengatakan teguran yang keras itu dilarang ya



ANDA BILANG TERGURAN KERAS NGGAK DILARANG. TAPI SAYA NEGUR KERAS MALAH DISUDUTKAN & DIBILANG SOMBONG. GOCAP + GOCAP. CEPEK DEH... :-p



tetapi teguran sangat berbeda dengan kesombongan dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain ataupun arogansi.



YG SOMBONG SIAPA SIH???
SAYA KOK NGGAK MERASA BEGITU???
KAN UDAH SAYA JELASKAN BERKALI2 MENGENAI "APA YG ANDA SEBUT SBG SOMBONG" ITU.





9. Saya tidak merasa saya memanipulasi anda koq. Saya kan hanya menyatakan bukti bahwa anda menuduh saya menyembah berhala? Nah, tetapi jika anda menanggapi apakah ketidakkristenan harus selalu bicara kotor, itu harusnya anda tahu tidak benar.



LHO??? KAPAN SAYA BICARA KOTOR???
COBA, PADA POINT MANA SAYA BICARA KOTOR???

APA PERNYATAAN ANDA INI (& BANYAK LAGI PERNYATAAN LAINNYA) TIDAK MENUNJUKKAN KEINGINAN ANDA UTK MEMANIPULASI & MENYERET OPINI PUBLIK AGAR MENYETUJUI OPINI ANDA??

NGGAK NGOMONG "A" DIBILANG NGOMONG "A"??? NGGAK BICARA KOTOR, DIBILANG BICARA KOTOR.

TEGURAN SAYA MEMANG KERAS & ITU PERLU. TAPI SAYA TIDAK PERNAH BICARA KOTOR.



Sombong dan arogan merupakan sikap yang dibenci Tuhan dari orang Farisi kan? Apakah orang Farisi sering berbicara/berpikiran kotor dan jahat? Mungkin tidak di MULUT dan TULISAN, tetapi di HATI dan MOTIVASI.


KAYAKNYA KEBALIK DEH.
MULUT & TULISAN SAYA KERAS. TAPI TUHAN TAHU, HATI & MOTIVASI SAYA MURNI KARENA SAYA INGIN MENEGUR & MENGINGATKAN, BUKAN HANYA SI-TONG, TAPI JUGA PENDETA2 LAIN AGAR JANGAN "KAREPE DEWE" & KEPADA SIAPAPUN, KHUSUSNYA PARA PENGAGUM SI-TONG AGAR JANGAN SAMPAI KULTUS INDIVIDU & CINTA BUTA. SEWAJARNYA AJA.




10. Saya cuma agak bingung saja, anda bilang suatu ajaran salah kan berdasarkan ajaran/teologi anda kan? Sedangkan denominasi itu muncul karena adanya ajaran yang berbeda-beda. Jiak anda berkata suatu ajaran salah atas dasar teologia/ajaran denominasi anda, maka itu tidak fair menurut saya. Berarti semua ajaran harus sesuai dengan ajaran anda? Jika tidak sama berarti salah? Dengan kata lain, tidak akan ada denominasi bukan?



BERDASARKAN THEOLOGY SAYA???
AH CAPEK DEH MENJELASKANNYA.
KAN BERKALI2 SAYA BILANG BAHWA ITU BUKAN BERTENTANGAN DENGAN AJARAN LAIN, KARENA TOH AJARAN2 JUGA LAIN2. ITU BERTENTANGAN DENGAN THEOLOGY SAYA, TAPI BERTENTANGAN DENGAN "FIRMAN TUHAN" !!!

YOH 3:16 AJA CONTOHNYA.
KARENA BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI.

SHINGGA IA MENGARUNIAKAN....

SUPAYA "SETIAP/SEMUA" ORANG YG PERCAYA TIDAK BINASA.....


ITU BERARTI ALLAH MENGASIHI & MENYEDIAKAN KESELAMATAN UTK "SELURUH" DUNIA INI. UNTUK "SEMUA ORANG"!!! TAPI SI-TONG NGOMONG APA??? KESELAMATAN "HANYA" BAGI ORG2 PILIHAN!!! ITU BERTENTANGAN DGN FIRMAN TUHAN!!! DAN ITU BUKAN THEOLOGY SAYA, TAPI FIRMAN TUHAN.

ANDA MASIH NGOMONG ITU MISTERI???


Jelas-jelas, predestinasi atau bukan itu merupakan misteri Tuhan dan bukan urusan kita.


ITU BUKAN MISTERI.
ITU UDAH JELAS2AN TERCANTUM DI-ALKITAB. KALO ANDA MENGANGGAPNYA SEBAGAI MISTERI. BERARTI AYAT YOH 3:16 DI-ALKITAB ANDA MUNGKIN UDAH KEHAPUS.




Mandat kita adalah, menjadikan seluruh bangsa murid-Nya bukan meributkan predestinasi kan?


MELURUSKAN PREDESTINASI SANGAT PERLU. TANPA PEMAHAMAN YG BENAR TENTANG ITU. ORANG2 KRISTEN TIDAK AKAN PERNAH YAKIN DENGAN KESELAMATANHNYA. JIKA HAL ITU TERJADI, RUNTUHLAH FONDASI2 KEKRISTENAN.




Terlepas dari apapun yang dianut oleh Stephen Tong, setahu saya dia tetap melakukan KKR untuk tetap berkarya dan menjalankan mandat itu koq



SAI BABA JUGA BIKIN KKR TIAP BULAN.
GURU CHING HAI JUGA BIKIN KKR, SETIAP MINGGU MALAH.
DALAI LAMA MALAH ROAD SHOW KEMANA2. MEREKA MENJALANKAN MANDAT SESUAI VERSI MASING2.




11. Apakah ada bukti bahwa Gandhi mengagumi Yesus pada hal2 tersebut? Saya jujur, mungkin kurang informasi di sini, mohon petunjuk anda.


DUH, YA CARI AJA SENDIRI. DI-INTERNET KAN BANYAK.



Selain itu, sikap apakah yang membiarkan orang2 pribumi duduk di lantai sedangkan orang2 Inggris di kursi depan jika bukan kesombongan dan arogansi?


IYA TUH, ORANG2 INGGRIS SAAT ITU MEMANG SOMBONG2 TERHADAP ORANG2 INDIA. PERSIS SEPERTI SIKAP SI-TONG TERHADAP GEREJA2/DENOMINASI2 LAIN.
BAHKAN DENOMINASI PROTESTAN (SEBAGAIMANA ARAS DASAR GEREJANYA) JUGA SERING DIKRITIK ABIS2AN. POKOKNYA DIHADAPAN SI-TONG, NGGAK ADA SATUPUN GEREJA YG BENER KECUALI G.R.I.I.

KALO SAYA SIH ORANGNYA RENDAH HATI-LAH, HEHEHE......




12. Nah, saya bilang “ada”, anda langsung minta bukti dan penjelasan saya. Pernyataan bahwa jemaat suatu gereja hanya “pindahan” dari gereja lain itu apakah juga ada buktinya? Jika boleh bertanya, mana buktinya?

GAMPANG!!!
SILAHKAN DATANG KE-GRII & BERTANYA:
"ANDA DULU SEBELUM DI-GRII KE-GEREJA MANA?"

SAYA UDAH PERNAH COBA PADA 10 ORANG. HASILNYA: 9 ORANG BILANG BERASAL DARI GEREJA LAIN. YANG SATU CUMAN SENYUM2 TRUS LARI. MAKLUM 1 YG SAYA TANYA & LARI ITU MASIH ANAK2 SEKOLAH MINGGU.




13. Saya jelas bertanya, bukan bilang “pasti”, dengan kata lain saya memang menduga saja, bagaimana jika ada saudara dari agama lain yang kecewa dengan pernyataan anda. Nah, jadi yang disebut dugaan adalah segala sesuatu yang belum pasti, mungkin karena belum terbukti ataupun karena tidak ada bukti. Jadi, menurut saya segala perkataan anda (klaim2 anda sejauh ini) hanya dugaan saja, karena tidak ada bukti.



KALO ANDA SENDIRI BELUM PASTI, YA NGAPAIN DIPIKIRIN???




14. Saudara blessing14 berkata sudah pernah mengkritik saudara Tong secara langsung, apakah bisa di-share kritiknya dan tanggapannya? Jadi, kita bisa mendengar jawaban dari Stephen Tong dan mungkin ada baiknya, kita semua di sini mulai menanggapi dari hasil tersebut bukan? Jangan mulai lagi dari nol seperti yang anda lakukan saat ini atau bahkan memulai dari hal2 yang tidak relevan.


YA, KRITIKNYA MACEM2. TAPI INTINYA MENGENAI 2 (DUA) HAL :

1. PENGAJARANNYA
2. SIKAPNYA

KAPAN2 AKAN SAYA SUSUN SECARA RINCI & PAPARKAN PADA ANDA SEMUA. SEKARANG MASIH AGAK SIBUK. JADI BELOM SEMPET BIKIN.

SALAH ANDA SIH, NGOTOT TERUS, AKHIRNYA MALAH MBALESI ANDA TERUS & LUPA NGERITIK SI-TONG, KE-ENAKAN DONG SI-TONG, HEHEHE


GBU

11:56 AM  
Blogger blessing14 said...

This comment has been removed by the author.

4:08 PM  
Blogger Wahyu Eko Cahyono, S. PAK. said...

Tuhan memang memberikan kita masing-masing karunia dan bakat, tetapi setahu saya ndak ada tuh bakat untuk saling menyakiti, membalas perbuatan orang, menyalahkan orang lain, apalagi menyombongkan diri. memang Pdt. Stephen Tong bukan orang sempurna, dan sering membuat kesalahan dengan mengkritik gereja lain terlalu keras, namun apabila kita melakukan hal yang sama dengan beliau kesombongan yang menonjolkan ketokohan diri, artinya tidak ada bedanya kita dengan kesalahan yang beliau buat. Bahkan mungkin bedanya, beliau sudah memenangkan banyak jiwa buat Tuhan Yesus, sedang kita? hanya mampu memberikan retorika dan kata-kata belaka, tanpa perbuatan yang sepadan dengan apa yang kita katakan.
Jangan membuat kecakapan akademis sebagai sarana untuk saling menghujat dan mempersalahkan satu sama lain. Meskipun saya berasal dari gereja yang kurang sepenapat dengan teologia pak Tong, gereja saya GPIB dan saya sendiri memang kurang setuju, tetapi tak ada hak saya mempersalahkan pandangan beliau sebab Tuhan sendiri yang akan menguji perbuatan kita masing-masing. AMIN

12:08 AM  
Blogger blessing14 said...

DEAR WAHYU EKO, S.PAK

Tuhan memang memberikan kita masing-masing karunia dan bakat, tetapi setahu saya ndak ada tuh bakat untuk saling menyakiti.....


TUHAN TAHU, HATI SAYA TIDAK ADA NIAT MENYAKITI. SOAL DEBAT & ADA NADA TAJAM DALAM KRITIK SAYA, ITU LUMRAH. JADI, TERGANTUNG BAGAIMANA KITA MEMANDANG. MENGKRITISI SANGATLAH BERBEDA DENGAN MENYAKITI. MENYAKITI BERTUJUAN UTK KEHANCURAN YG DISAKITI, SEDANGKAN MENGKRITISI BERTUJUAN DEMI KEBAIKAN YG DIKRITISI. BERKALI2 SAYA SUDAH MENEGASKAN BAHWA SELAMA SI-TONG BERPOLAH BEGITU, SAYA TIDAK AKAN BERHENTI MENGKRITISINYA. INGAT!!! HANYA MENGKRITISINYA. JIKA SAYA INGIN MENYAKITINYA, SEPERTI YG ANDA DUGA, MAKA SAYA TIDAK PERLU MENULIS APAPUN DI-SINI. SAYA AKAN MAIK MIMBAR & PURA2 KONSELING, LALU MENUSUKKAN PISAU KE-PERUTNYA. APAKAH SAYA MELAKUKAN HAL ITU? TIDAK, KAN????



memang Pdt. Stephen Tong bukan orang sempurna, dan sering membuat kesalahan dengan mengkritik gereja lain terlalu keras



NAH, HAL INI ANDA AKUI SENDIRI !!!



namun apabila kita melakukan hal yang sama dengan beliau kesombongan yang menonjolkan ketokohan diri, artinya tidak ada bedanya kita dengan kesalahan yang beliau buat.


DALAM TEORI "D.I.S.C"
ADA 4 TYPE MANUSIA.
1) DOMINANCE
2) INFLUENCING
3) STEADINESS
4) COMPLIANCE

MASING2 BERBEDA CARA PENANGANANNYA. JENIS2 ORANG SEPERTI SI-TONG TIDAK AKAN BISA DISADARKAN TANPA "TOHOKAN" YG KERAS & MANTAP YG DIA SENDIRI TAK SANGGUP MENJAWABNYA.
SI-TONG ADALAH ORANG PALING KERAS KEPALA YG PERNAH SAYA TAHU. DAN SIKAP ITU HANYA BISA DI-PATAHKAN DENGAN "KERAS" JUGA, ATAU MELALUI PERISTIWA2 YG BENAR2 MENOHOK DIA SECARA LANGSUNG.

PERNAH ADA SUATU PERISTIWA, SEORANG IBU IKUT SEMINARNYA, TAK BERANI KE-TOILET KRN TAKUT DI-MAKI2 AMA SI-TONG. AKHIRNYA IBU ITU NGOMPOL DI-CELANA & MEMBUAT DIA MALU 1/2 MATI PADA PESERTA2 SEMINAR YG LAIN. SEJAK ITU STEPHEN TONG AGAK BERUBAH SOAL ORG2 YG KE-TOILET SAAT DIA KOTBAH.

SKRG INI, SI-TONG SUDAH JAUH LEBIH KALEM DARIPADA DULU, KARENA SUDAH MENJELANG TUA. JUSTRU INI KESEMPATAN BESAR UTK TERUS "MENYERANG" NYA AGAR DIA BERTOBAT !!! DAN KARAKTERNYA BERUBAH !!! DAN APABILA KARAKTERNYA SUDAH BERUBAH, MAKA KITA HARUS MENGAMPUNI, MENGASIHI & MENDUKUNGNYA !!!


Bahkan mungkin bedanya, beliau sudah memenangkan banyak jiwa buat Tuhan Yesus, sedang kita? hanya mampu memberikan retorika dan kata-kata belaka, tanpa perbuatan yang sepadan dengan apa yang kita katakan.


KENAPA SIH SELALU "KUANTITAS" YG JADI UKURAN SEBUAH KEBENARAN???

EMANG UDAH BERAPA JIWA YG SI-TONG MENANGKAN??? PERNAHKAH ANDA MENGHITUNGNYA??? ATAUKAH ANDA HANYA MELIHAT/MENDENGAR DARI KKR-KKR-NYA YG MAYORITAS DIHADIRI ORG2 KRISTEN SENDIRI???

MAAF PAK. PERLU ANDA TAHU, SAAT INI SAYA JUGA SEDANG MENGGEMBALAKAN SEBUAH GEREJA DENGAN JEMAAT SEKITAR 3,000 ORANG. GEREJA YG SAYA GEMBALAKAN MEMPUNYAI CABANG DI-5 KOTA DI-INDONESIA, 1 DI-SINGAPURA, 1 DI-FILIPINA, DAN 1 DI-THAILAND.

APAKAH ITU JUGA UKURAN BAHWA SAYA PASTI BENAR??? BAHWA SAYA SUDAH MEMENANGKAN BANYAK JIWA BAGI TUHAN??? ANDA NAIF SEKALI JIKA MENGGUNAKAN TOLOK UKUR BERAPA BANYAK JIWA YG DISELAMATKAN UTK MENGUKUR KEBENARAN SESEORANG.

TAHU PDT. JIMMY SWAGGARTZ NGGAK???
DIA MERUPAKAN SALAH SATU PENDETA EVANGELICAL PALING TOP & "MEMENANGKAN BANYAK JIWA" JUGA MELALUI PELAYANAN TELEVISINYA. NAMUN FAKTA MEMBUKTIKAN BAHWA SELAMA MENJALANKAN PELAYANANNYA, IA JUGA BERSELINGKUH & BAHKAN MEMPERKOSA WANITA.

JAUH LEBIH BAIK, SEORANG PENDETA DI-DESA YG SEUMUR HIDUPNYA HANYA MAMPU MEMENANGKAN 50 ORANG SAJA, DARIPADA PENDETA BESAR YG KKR DI-HADAPAN RIBUAN PENGUNJUNG YG TOH KARAKTERNYA TIDAK MENCERMINKAN KRISTUS.

INGAT BAIK2!!! GELAR ANDA KAN S.PAK (SARJANA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN), SEHARUSNYA MENGERTI BAHWA UKURAN KEBENARAN BUKANLAH SEBERAPA BANYAK ANDA MEMENANGKAN JIWA. NAMUN SEBERAPA TAAT ANDA PADA RENCANA TUHAN.

JIKA TUHAN MENGHENDAKI ANDA MEMIMPIN GEREJA DENGAN 100,000 JEMAAT, DIBANDING DENGAN TUHAN MENGHENDAKI ANDA MEMIMPIN CUMA 100 JEMAAT, TIDAK ADA BEDANYA !!!

DI-ALKITAB PERNAH ADA ILLUSTRASI: ADA SEORANG PEKERJA DI-LADANG YG KERJA DARI SUBUH SAMPE SENJA. BAYARANNYA SEDINAR. NAMUN ADA PEKERJA YG DATANG SIANG HARI & KERJA SAMPE SENJA. EH, BAYARANNYA JUGA SEDINAR. ADILKAH TUHAN??? ITU URUSAN TUHAN. BUKAN URUSAN KITA.

STEPHEN TONG MEMENANGKAN RIBUAN JIWA (ANGGAP SAJA BEGITU MESKI ANDA TIDAK PUNYA DATA VALID), PAHALANYA SAMA AJA DENGAN SAYA YG MEMIMPIN 3000 JEMAAT SAAT INI. DAN PAHALA SAYA SAMA AJA DENGAN PENDETA DI-DESA GUNUNG KIDUL YG MEMIMPIN HANYA 50 JEMAAT. SAMA !!! NGGAK ADA YG PERLU DI-TONJOL2KAN ATAU ANDA BANGGA2KAN!!!


Jangan membuat kecakapan akademis sebagai sarana untuk saling menghujat dan mempersalahkan satu sama lain.


ANDA SEKALI SALAH MENANGKAP MAKSUD & CONTEXT DARI PENUNJUKAN GELAR AKADEMIS DALAM DISKUSI INI. GELAR AKADEMIS DICANTUMKAN DISINI DALAM RANGKA EQUALISASI KRITIS. SUPAYA JANGAN SAMPE ORG2 MENGIRA BAHWA YG MENGKRITIK TIDAK SE-LEVEL AMA SI-TONG.INI PERLU UTK MEMBUKA PEMAHAMAN & MENYINGKIRKAN PENGHALANG UTAMA DARI DISKUSI TSB.
YAITU: KETIDAKSAMAAN LEVEL PESERTA DISKUSI.



Meskipun saya berasal dari gereja yang kurang sepenapat dengan teologia pak Tong, gereja saya GPIB dan saya sendiri memang kurang setuju, tetapi tak ada hak saya mempersalahkan pandangan beliau sebab Tuhan sendiri yang akan menguji perbuatan kita masing-masing.


YA BENAR!!! TUHAN SENDIRI YG AKAN MENGUJI "HASIL" NYA !!! NAMUN DALAM PERJALANAN PROSESNYA, JUSTRU KITA DIPERINTAHKAN OLEH ALKITAB UTK SALING MENGINGATKAN.

NAH, POLA "MENGINGATKAN" TSB BISA KALEM, BISA JUGA KERAS. TERGANTUNG PADA SIAPA KITA BERHADAPAN.

KALO NGOMONG AMA PDT. A.F. LAPUDOOH, SH., S.Th., gembala GPIB Jemaat Maranatha, TENTUNYA TAK PERLU KERAS, SEBAB BELIAU ORG YG CUKUP SABAR & BISA DI-AJAK DISKUSI DGN LEMBUT. LHA TAPI KALO NGOMONG AMA SI-TONG, PAKE GAYA LEMBUT2, YA ANDA GANTI DIBANTAI HABIS AMA DIA.

10:00 AM  
Blogger iamme said...

Kalau Reformed Theology sesat, Prosperity Theology lebih sesat lagi.

6:05 AM  
Blogger relationshipfc said...

buat iamme

what do you think about this?
2 Chronicles 26:5
and as long as he sought the LORD, God made him prosper

That's mean Everytime I seek the Lord, God made me prosper...

10:26 PM  
Blogger Satyagraha said...

Perkenalkan saya Satyagraha Mahardika. Boleh dipanggil Saga atau Dhika saja. Sejak remaja saya menemukan diri saya sebagai seorang ateis. Ada pergumulan eksistensial yang tak kunjung terselesaikan. Tapi akhir-akhir ini (ketika saya menjalani usia pemuda) saya ingin mencari kebenaran, supaya saya bisa percaya kepada Tuhan dan beragama. Lalu dari seorang teman saya mendengar tentang Gereja Reformed Injili. Katanya, gereja tsb menolong saya membebaskan diri dari ateisme. Saya sendiri sampai sekarang belum ke gereja tsb (saya tinggal di Yogya). Saya coba cari dari internet, dan tibalah saya di blog ini. Lalu saya jadi bingung. Saya kira blog ini blognya gereja tsb. Tapi saya heran, banyak perkataan kasar dan caci-maki ttg Gereja Reformed Injili dan Stephen Tong (saya dengar dia adalah pendeta gereja tsb). Saudara blesing14 misalnya, sepertinya sangat membenci Si Tong. Kawan-kawan, saya bingung. Bantulah saya. Trims sebelumnya. Salam.

1:54 AM  
Blogger relationshipfc said...

Saudara Saga atau Dhika
salam kenal,

to have a relationship with God doen not necessarily you have to go to church, having a religion, etc, it is simply give yourself kepada Tuhan, dan Tuhan akan mengajar anda secara pribadi, saya backing pernyataan saya, copy paste langsung dari bible

Matthew 23:8

"Don't let people do that to you, put you on a pedestal like that. You all have a SINGLE TEACHER, and you are all classmates. Don't set people up as experts over your life, letting them tell you what to do. Save that authority for God; let Him tell you what to do. No one else should carry the title of 'Father'; you have only one Father, and he's in heaven. And don't let people manouver you into taking charge of them. There is only one Life-Leader for you and them—Christ.

saya akan kasih ayat pendukung dari bible, semoga anda dapat mengerti, copy paste dari bible

John 16:25

"I've used figures of speech in telling you these things. Soon I'll drop the figures and tell you about the Father in plain language. Then you can make your requests DIRECTly to him in relation to this life I've revealed to you. I won't continue making requests of the Father on your behalf. I won't need to. Because you've gone out on a limb, committed yourselves to love and trust in me, believing I came DIRECTly from the Father, the Father loves you DIRECTly. First, I left the Father and arrived in the world; now I leave the world and travel to the Father."

1 Corinthians 13:12

We don't yet see things clearly. We're squinting in a fog, peering through a mist. But it won't be long before the weather clears and the sun shines bright! We'll see it all then, see it all as clearly as God sees us, knowing him DIRECTly just as he knows us!

Galatians 1:10

Do you think I speak this strongly in order to manipulate crowds? Or curry favor with God? Or get popular applause? If my goal was popularity, I wouldn't bother being Christ's slave. Know this—I am most emphatic here, friends—this great Message I delivered to you is not mere human optimism. I didn't receive it through the traditions, and I wasn't taught it in some school. I got it straight from God, received the Message DIRECTly from Jesus Christ.

Galatians 3:25

But now you have arrived at your destination: By faith in Christ you are in DIRECT relationship with God. Your baptism in Christ was not just washing you up for a fresh start. It also involved dressing you in an adult faith wardrobe—Christ's life, the fulfillment of God's original promise.

Hebrews 1:1

Going through a long line of prophets, God has been addressing our ancestors in different ways for centuries. Recently he spoke to us DIRECTly through his Son. By his Son, God created the world in the beginning, and it will all belong to the Son at the end. This Son perfectly mirrors God, and is stamped with God's nature. He holds everything together by what he says—powerful words!

7:46 PM  
Blogger diorion2004 said...

Woiii..belssing and kroni2...tunjukin donk ke gw..ajaran lu2 pada...yg bener2 gitu loh...jgn cuma bisa kritik...SETAN juga dr dulu cuma bisa kritik...tapi apa pernah dr kritik itu sadarkan org dr tingkah laku..agar hidup dlm Tuhan...and brp org dr yg belum percaya trus lu beritakan injil dari percaya daripada sekedar kritik di blog dungu ini...tiap detik lu ketik di blog ini mgk aja salah satu dr teman, keluarga dan org lain sedang mau masuk neraka...termasuk gw..juga sdg goblok juga ngetawain..dan nulis ke lu2 pada..
Chen....meningan dpt HC dr Univ..dan apa lu juga dr HC dr Univ..aaaah mungkin aja lu dpt dr SpaNyol...sparuh Nyolong di Univ...coba donk lu pamerkan kaya p'Tong...nih gw dah dapet dr Harvard..aaahhh ngak usah yang jauh jauh lah di USU..aja Univ sebelah UI...kan banyak tuh....deket pasar senen juga ada yg jual...ngak ada tau koq...cuma lu ama abang yg jual aja yg tau..eeee...lupa gw di tambah Tuhan, Setan dan malaikan dan sesama pedagang..

5:53 AM  
Blogger book-investment said...

Dear Teman ( Dgn samaran Gereja )
Kita ketemu lagi... dan tetap saja kali ini tulisan anda penuh amarah&Fitnah ; kenapa sih kok begitu dendam dgn P.Tong dan Calvinisme ?
juga teman2 lainnya yang selalu menyerang ajaran P.Tong/Calvinisme?

saya mendalami doktrin Calvinisme dan Armenian sdh tahunan dan awalnya juga banyak pertanyaan dari ke 2 aliran tsb.namun sikap saya tetap hormat dan tdk melecehkan salah satu aliran tsb.
Namun ssdh makin belajar ; makin mengertilah ttg keunggulan/ solid dan konsistensi doktrin yang terkandung dlm Calvinisme ( namun saya tetap tidak mau melecehkan Armenian )
Iman saya makin dikuatkan ssdh mengerti lebih dalam akan keagungan ; kasih dan keadilan Tuhan melalui doktrin2 Calvinisme.
( Pernyataan Kasih Tuhan dimulai dari doktrin bahwa Keselamatan hanya anugrah Tuhan semata dan tiada jasa manusia sedikitpun dlm proses keselamatan krn Free will manusia rusak total akibat dosa yang tidak mungkin mencari Allah, maunya cari dosa melulu)
ajaran P.Tong adalah Calvinisme dan jika anda katakan ajaran P.Tong sesat menyangkali Alkitab artinya Calvinisme sesat ? Calvinisme menyangkali Alkitab ?
Belajarlah baik2 Calvinisme krn sangat alkitabiah/ injili ; cari buku/khotbah Beliau spy tidak sesat / ngawur spt ini.
Smoga Tuhan Menolong kita dgn segala kerendahan hati untuk mempelajari FirmanNya.

9:26 PM  
Blogger Yulius A. Widiantoro said...

kawan.. kalo anda seorang doktor tolong komentarnya yang rada intelek dikit (dikit aja).. saya belum nglihat gagasan yang patut direnungkan dalam diskusi ini.. komentar anda lebih menunjukan kemarahan, dendam atau jangan2 orang yang belajar teologi itu punya kecenderungan membenarkan diri dan menyalahkan orang lain..
anda melalukan kesesatan relevansi (argumentum ad hominem).. sarabn saya adalah lebih baik anda belajar filsafat.. karena hanya dengan filsafat kita mampu menghargai perbedaan.. ingat bung dunia itu plural bukan tunggal karena itu sikap toleran lebih BERMARTABAT daripada sikap tiran/arogan.. masak sich doktor teologia cara berpikirnya sesempit itu..
perlu diketahui juga: saya juga menentang Stephen Tong, tapi pertentangan itu terartikulasi dalam suatu diaolog yang diskursif bukan emosional dan irasional..

6:45 PM  
Blogger Yulius A. Widiantoro said...

kawan.. kalo anda seorang doktor tolong komentarnya yang rada intelek dikit (dikit aja).. saya belum nglihat gagasan yang patut direnungkan dalam diskusi ini.. komentar anda lebih menunjukan kemarahan, dendam atau jangan2 orang yang belajar teologi itu punya kecenderungan membenarkan diri dan menyalahkan orang lain..
anda melalukan kesesatan relevansi (argumentum ad hominem).. sarabn saya adalah lebih baik anda belajar filsafat.. karena hanya dengan filsafat kita mampu menghargai perbedaan.. ingat bung dunia itu plural bukan tunggal karena itu sikap toleran lebih BERMARTABAT daripada sikap tiran/arogan.. masak sich doktor teologia cara berpikirnya sesempit itu..
perlu diketahui juga: saya juga menentang Stephen Tong, tapi pertentangan itu terartikulasi dalam suatu diaolog yang diskursif bukan emosional dan irasional..

6:47 PM  
Blogger Rudy CCN said...

Dengan membaca tulisan ini, saya yakin sdr Blessing 14 bukanlah orang Kristen apalagi seorang Hamba Tuhan. Beliau berusaha mengacaukan/menghancurkan kekristenan. Tapi yakinlah saudara akan GAGAL...
Saya juga yakin kalau beliau itu bukan yang mempuyai gelar DR, dll. Karena seorang yang terpelajar tidak akan menulis komentar atau menyatakan pendapatnya dengan kata2 sampah seperti itu. HIDUP SAMPAH ...

10:51 PM  
Blogger davidzone said...

Shalom semua... :)

Saya tidak membela Pendeta Gereja "R" yg sedang dibahas di forum ini. Saya juga tidak mengagung-agungkan Gereja saya yang SERING DIKRITIK oleh Pendeta Gereja "R" tersebut. Karena kita dipanggil menjadi Anak Tuhan untuk menjadi berkat, terang, dan saksi utk membawa jiwa2 kepada keselamatan dalam Yesus Kristus. Tuhan tidak memanggil kita utk menjadi KRITIKUS.

Yang jelas.. Siapapun kita (Pendeta, Jemaat dll) tidak boleh memberi Kritik yang disertai hujatan, makian, dll. walaupun pada kenyataannya ada Gereja yang berbeda dengan Gereja kita. Lihatlah cara Yesus menegur, lihatlah cara Rasul Paulus menegur. Semua ada aturan mainnya. padahal oknum2 yg ditegur oleh Yesus dan Paulus bisa dikategorikan BENAR2 SALAH DAN BENAR2 SESAT. namun Yesus dan Paulus TETAP MENEGUR DENGAN CARA YANG BENAR.

1. Yesus pernah menegur orang Yahudi dan ahli Taurat dengan sangat keras karena kebebalan mereka. Tapi yang Yesus tegur adalah INTI PERMASALAHANNYA. YESUS SAMA SEKALI TIDAK PERNAH MEMAKI-MAKI OKNUMNYA DENGAN KATA2 YG TIDAK PERLU. YESUS JUGA TIDAK MENJADI "MUSUH" MEREKA. YESUS MENEGUR AGAR MEREKA BERTOBAT. DAN YESUS TETAP MENGASIHI MEREKA. Yesus tidak memakai kata2 yang tidak perlu untuk diucapkan.

2. Rasul Paulus pun memberi cara utk menegur yang dg baik. Dengan memanggil beberapa orang saksi (tidak langsung menegur dimuka umum utk memprovokasi, menghina atau mempermalukan). walaupaun jika orang tersebut tetap "tidak mau bertobat" maka Paulus mengijinkan agar orang itu ditegur dimuka umum.

3. Terkadang kita lupa utk "MENDOAKAN ORANG YANG SALAH ITU". Kita hanya sibuk mengkritik sana-sini. Tapi kita tidak pernah bertanya pada Tuhan melalui doa: "Apa yg perlu aku lakukan terhadap orang ini?", "bagaimana cara mengatasi konflik ini?" dll. Saat kita berdoa maka Tuhan pasti akan memberi hikmat utk mengatasi masalah itu dengan cara yg terbaik (bukan memperkeruh keadaan atau menimbulkan pertengkaran/kebencian/sentimen/iri dll). Mari kita tanyakan pada diri kita masing2: "SUDAHKAH SAYA BERDOA UTK PENDETA "A", UTK GEREJA "B", UTK KESATUAN TUBUH KRISTUS?". Saat kita mendoakan seseorang itu adalah tanda bahwa kita BENAR2 MENGASIHI orang tersebut (walau orang itu salah).

4. Ambilah keputusan yang terbaik menurut Firman Tuhan (tanpa mengikuti tradisi). Baca dan Lakukanlah apa yg tertulis di Alkitab. Jika ada Gereja lain yg "berbeda" dengan apa yg tertulis di Alkitab.. Yah tanyakanlah pada Tuhan bagaimana harus bersikap pada saudara kita yang "berbeda" itu. Jangan langsung menghujat dan memaki2 Gereja/Pendeta tersebut.


HAL INI BERLAKU DAN HARUS DILAKUKAN OLEH KITA SEMUA, BAIK KITA JEMAAT GEREJA "R" TERSEBUT ATAU JEMAAT GEREJA LAIN.

Ingat! Kita adalah Terang dan Garam Dunia. God bless! :)

3:46 AM  
Blogger davidzone said...

@SATYAGRAHA

Saudaraku.. Saya juga berasal dari Jogja. Saudara bisa hubungi saya melalui email saya:

david.exclesia@gmail.com

Saya melalui gereja saya akan membantu anda utk mengenal Tuhan Yesus Juruselamat yang sejati dan satu-satunya jalan menuju surga. Saya nantikan email saudara. Jesus loves us :)

4:07 AM  
Blogger Anugerah said...

shalom semuanya......

Saya bertobat atas anugerah Tuhan Yesus lewat membaca injil PB, dari injil PB tsb Tuhan benar2 memberikan penjelasan tentang maksudNya kpd saya dan apa artinya ikut Dia, baik sbg anakNya, umatNya, hambaNYa, sahabatNya, kekasihNya dll.
Saya dapat mengerti teologi kristen tanpa harus sekolah teologi, dan ini saya buktikan sendiri setelah saya mendengar beberapa kotbah dari hamba2 Tuhan, oleh karena itu saya merasakan dapat membedakan mana "yang menurut" saya cocok dengan pengurapan yang saya terima dari Roh Kudus saat saya diberi anugerah keselamatan,,,, oleh karena itu, saya menyatakan dengan sungguh2 dan dgn kesaksian Roh Kudus bhw apa yang saya pahami tentang "Jalan Tuhan" yang telah diberikan oleh Roh Kudus kepada saya, kalau mau dibandingkan antara hamba2 Tuhan (hanyab sbg contoh saja : pdt.Stephen Thong dan pdt.Niko.N) maka dgn sejujur2nya dan di saksikan oleh Roh Kudus, maka saya menyatakan bahwa apa yang di kotbahkan oleh pdt.Stephen Thong lebih cocok/ persis sama sprti apa yang saya terima dari Roh Kudus saat pertama kali saya membaca injil PB pada saat Tuhan Yesus memberikan anugerah keselamatan pertama kali kepada saya, jika di bandingkan dgn kotbahnya pdt. Niko.N.
Sebelumnya saya mohon maaf bahwa saya bukan jemaat gereja manapun baik GRII ataupun GBI, jadi saya tidak membela siapapun (tidak boleh berbohong perintah Tuhan dalam 10 perintah Allah) dan saya tahu kotbah2 hamba2 Tuhan saya dengar di youtube.... bagi saya kotbah ke 2 pdt ini benar2 perbedaannya sprti, yang satu kotbah untuk mahasiswa (benar2 mendidik) dan yang satunya untuk taman kanak2 (benar2 yang muluk2)...... mohon maaf, saya bicara jujur, Roh Kudus menjadi saksiku... perlu saya tambahkan disini bahwa seblm saya di beri anugerah keselamatan oleh Tuhan Yesus, saya adalah seorang pencari kebenaran dan saya sedikit banyaknya sudah mencoba belajar berbagai agama dan berbagai okultisme dan hampir ateis...... Puji Syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yesus yang mau memberi iman dan menyelamatkan saya....... Terpuji-pujilah Allah Tritunggal Maha Kudus, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya... Daalam Nama Tuhan Yesus Kristus yang hidup dan Juru Selamat pribadiku dan dunia, Amin.....
Hanya inilah yang bisa saya bagikan, sekaligus bisa juga sbg "kesaksian" saya,....
Sekali lagi saya mohon maaf, saya tidak berniat untuk menyakiti siapapun, tapi saya harus bicara sejujur2nya, kalau ada lebih apa yang saya katakan maka itu adalah perbuatan si jahat "sabda Tuhan"....

Semoga keselamatan yang kita semua peroleh dari Tuhan Yesus, dapat kita kerjakan dgn penuh tanggung jawab dan tidak di pergunakan untuk di manipulasi demi keinginan kita semata,...

Apabila Tuhan Yesus hanya mau kita hidup hanya di dunia ini saja, dan hanya mencari apa yang ada di dunia ini sepeti kemakmuran materi/duniawi, apalah artinya pengorbanan-Nya dan bukankah sia2 pergorbananNya? Oleh karena itu betapa sesatnya bagi orang-orang yang mementingkan pencariannya hanya untuk duniawi, lebih2 kepada hamba2 Tuhan (pdt2) yang mengajarkannya "Teologi Kemakmuran" Duniawi...., karena Kerajaan Allah adalah Damai Sejahtera surgawi, Sukacita Surgawi dan Kebenaran Surgawi, bukan duniawi/materi.........
Dulu saja, saya yang tidak mengenal Tuhan Yesus bukan mencari duniawi, mengapa sekarang saya yang telah di beri anugerah iman dan keselamatan oleh Tuhan Yesus malahan mencari duniawi "kemakmuran" dunia.......... betapa lebay.....

Apabila ada kata yang tidak berkenan, mohon di maafkan.

GBU all

12:37 PM  
Blogger eto leatnoy said...

blessing14 namamu siapa? ga jelas artikel ini cuma mau cari pamor saja. cuma mau cari perhatian saja

3:19 AM  
Blogger Andy Febrianus Korinto said...

This comment has been removed by the author.

9:20 PM  
Blogger Hans said...

Mari kita saling menghargai doktrin gereja masing2 karena Tuhan Yesus supaya setiap org percaya hidup dlm kesatuan seperti Dia dan Bapa.Gbu

12:45 AM  

Post a Comment

<< Home